Ditlantas Polda Sulsel Rekayasa Lalin Cegah Macet saat Arus Balik 2022

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada akhir pekan ini

Makassar, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Polda Sulsel), bakal menerapkan skema rekayasa lalu lintas di jalan raya, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik mudik Lebaran 2022.

"Seperti buka tutup jalan, pengalihan arus lalu lintas dan contra flow untuk mengurai kepadatan maupun pembatasan kendaraan," kata Direktur Ditlantas Polda Sulsel Kombes Pol Faizal, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (4/5/2022).

1. Rekayasa lalin mencegah kecelakaan

Ditlantas Polda Sulsel Rekayasa Lalin Cegah Macet saat Arus Balik 2022Ilustrasi Kecelakaan (IDN Times/Arief Rahmat)

Faizal menjelaskan, rekayasa lalu lintas saat arus balik berfungsi untuk mengurangi sekaligus mencegah dampak dari kepadatan kendaraan yang diprediksi terjadi akhir pekan ini.

Menurutnya, banyak masyarakat memanfaatkan waktu untuk kembali ke rumah sebelum masa libur usai. "Rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan dan antisipasi terjadinya kecelakaan," ucap Faizal.

2. Personel Ditlantas Polda Sulsel siaga di pos pelayanan dan perbatasan

Ditlantas Polda Sulsel Rekayasa Lalin Cegah Macet saat Arus Balik 2022Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Faizal juga menyebut, seluruh anggotanya telah disiagakan di sejumlah tempat, khususnya wilayah perbatasan. Petugas juga meningkatkan patroli kendaraan untuk melayani masyarakat yang balik dari mudik.

"Insya Allah, petugas di lapangan setiap saat akan memberikan pelayanan. Selain di pos pelayanan maupun pos keamanan, kita memperkuat patroli ke wilayah rawan macet yang dilalui pemudik yang balik," ujar Faizal.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Lepas 20 Kendaraan Mudik Gratis

3. Utamakan keselamatan dalam berkendara

Ditlantas Polda Sulsel Rekayasa Lalin Cegah Macet saat Arus Balik 2022Dirlantas Polda Sulsel Kombes Faizal saat mengumpulkan sejumlah klub motor dan mobil di Makassar. / Dok. Ditlantas Polda Sulsel

Lebih lanjut Faizal mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang balik dari mudik untuk tetap patuh aturan lalu lintas. Keselamatan berkendara, menurut Faizal, adalah yang paling utama supaya masyarakat bisa sampai ke tujuan.

"Kita berharap pengendara yang balik dari kampung, untuk tetap mengikuti himbauan petugas. Karena personel kepolisian akan melakukan penambahan rambu-rambu lalu lintas dalam mengurai kemacetan," imbuh Faizal.

Baca Juga: Tim Patroli Polda Sulsel Pantau Rumah Ditinggal Mudik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya