Cari Wifi untuk Kuliah Online, Mahasiswa di Pinrang Tewas Kecelakaan 

Jaringan internet di kampung korban belum begitu memadai

Makassar, IDN Times - Nasib nahas menimpa seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Kota Makassar. Mahasiswa bernama Munawwarah (20) dikabarkan meninggal dunia ketika hendak mencari jaringan internet di kampungnya, di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

"Iya memang benar kejadiannya begitu. Tapi kita sampai sekarang belum bisa mengkontak keluarganya di kampung," kata Ketua Program Studi PGSD Unismuh, Aliem Bahrin kepada sejumlah jurnalis saat dikonfirmasi, Rabu (8/4).

1. Kuliah online sebagai bentuk implementasi anjuran pemerintah di tengah situasi pandemik COVID-19

Cari Wifi untuk Kuliah Online, Mahasiswa di Pinrang Tewas Kecelakaan Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel saat elekonferensi dengan awak media di Makassar. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Peristiwa nahas itu, kata Aliem, terjadi pada Kamis (2/4) lalu. Informasi yang dia terima dari mahasiswa lain sekaligus rekan dekat korban, Munawarrah saat itu hendak mengikuti sistem kuliah daring.

Kuliah online dilakukan sebagai bentuk implementasi dari anjuran pemerintah terhadap peserta didik. Mereka diwajibkan tidak menerapkan kuliah tatap muka untuk mencegah penularan wabah virus corona.

"Anjuran kita kan tidak ada libur, selama pandemi ini tetap berlangsung perkuliahan. Hanya digantikan dengan kuliah online. Kan anak ini pulang di kampungnya (Pinrang) tidak ada jaringan internet, nah untuk bisa kuliah harus mencari jaringan internet," ucap Aliem.

2. Rok korban tersangkut diterali sepeda motor yang dikendarai

Cari Wifi untuk Kuliah Online, Mahasiswa di Pinrang Tewas Kecelakaan Ilustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Sesaat sebelum perkuliahan dimulai, dijelaskan Aliem, mahasiswa semester dua itu hendak mengambil perlengkapan di rumah keluarganya di desa yang berbeda dengan tempat tinggalnya.

Alat kelengkapan kuliah itu disimpan korban di rumah keluarganya karena di rumahnya, di Desa Ulu Saddang, Dusun Bone, Kecamatan Lembang, Pinrang, jaringan internet belum begitu memadai.

"Sayangnya di perjalanan, ternyata anak ini mengalami kecelakaan. Roknya itu kata teman-temannya masuk di terali motor, di situlah terjadi kecelakaan. Tapi untuk lebih dari itu kita tidak bisa gambarkan sedetail itu," ungkap Aliem.

Baca Juga: 11 Tips Psikolog Unhas untuk Beradaptasi dengan Social Distancing

3. Korban meninggal dunia dalam perjalanan ke puskesmas setempat

Cari Wifi untuk Kuliah Online, Mahasiswa di Pinrang Tewas Kecelakaan IDN Times/Mia Amalia

Korban, lanjut Aliem, sempat diberikan pertolongan pertama oleh warga. Namun dalam perjalanan ke puskesmas setempat, korban disebutkan telah meninggal dunia. Aliem menyatakan belasungkawa atas berpulangnya salah satu mahasiswanya.

Pihak kampus, menurut Aliem, sebenarnya telah mengimbau kepada mahasiswa agar tetap berada di Makassar sementara waktu sembari menunggu situasi membaik dan tetap mengikuti perkuliahan online.

Namun, karena hanya sebatas imbauan, sejumlah mahasiswa ternyata memilih untuk kembali ke kampung halaman. Dengan tinggal sementara di Makassar, imbuh Aliem, seluruh sistem perkuliahan jika terjadi kendala, bisa langsung dikonsultasikan.

"Kita lakukan kebijakan jika misalnya ada mahasiswa di kampung yang jaringan internetnya susah, misalnya tugas-tugasnya bisa menyusul dikumpulkan. Tetapi kan ini sudah ajal apapun dan siapapun pasti mengalami," pungkas Aliem.

Baca Juga: Ratusan Tahanan di Makassar Disidang Online, Hakim & Jaksa Beda Tempat

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya