Comscore Tracker

Buntut Perkelahian, Dua Dosen UMI Disanksi Pesantren 6 Bulan

Mereka dicopot dari jabatan ketua prodi sebab melanggar etik

Makassar, IDN Times - Dewan Etik Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Sulawesi Selatan, menjatuhkan sanksi kepada dua orang dosen yang terlibat perkelahian. Mereka dinyatakan melanggar kode etik tenaga pengajar.

Ini merupakan buntut perkelahian dua dosen yang videonya sempat viral di media sosial. Kejadian itu melibatkan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris berinisial MU dan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi berinsial HD.

"Hasilnya terbukti ada pelanggaran kode etik dan selanjutnya  ditindaklanjuti oleh komisi disiplin," kata Kepala Humas UMI Nurjannah Abna saat dihubungi IDN Times, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Tuntut Penuntasan Kasus Pemukulan Dosen

1. Dua dosen dicopot sebagai ketua prodi dan diskors selama enam bulan

Buntut Perkelahian, Dua Dosen UMI Disanksi Pesantren 6 BulanMahasiswa Ilmu Komunikasi UMI menggelar aksi bisu sikapi kasus dugaan pemukulan ketua prodi/Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI Makassar

Nurjannah menyatakan berdasarkan hasil rapat komisi disiplin 1 Maret 2021, Dewan Etik UMI menyatakan dua dosen itu bersalah. Sebagai hukuman, mereka dicopot dari jabatannya.

"Keduanya dilepaskan amanah sebagai ketua prodi dan diberikan sanksi akademik berupa skorsing selama 6 bulan," ucap Nurjannah.

Sanksi skors terhitung mulai 1 Maret sampai 31 Agustus 2021. "Selama menjalani skorsing, yang bersangkutan wajib mengikuti pembinaan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe (Kabupaten Pangkep)," Nurjannah melanjutkan.

2. Sanksi diharapkan jadi bahan evaluasi diri

Buntut Perkelahian, Dua Dosen UMI Disanksi Pesantren 6 BulanIlustrasi. Aparat kepolisian jajaran Polrestabes Makassar berjaga di lingkungan kampus UMI / Sahrul Ramadan

Nurjannah menyebut sanksi yang diberikan kepada dua tenaga pendidik di UMI bisa menjadi bahan evaluasi diri bagi masing-masing. Harapannya, mereka bisa lebih bijak dalam bertindak di masa depan.

"Sehingga bisa menjaga iman dan akhlak agar supaya lebih baik lagi," imbuh

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, pihak UMI bakal mengawasi lebih ketat seluruh aktivitas dosen maupun mahasiswa di dalam kampus. Kasus ini diharapkan tidak lagi terjadi di kemudian hari. 

3. Aksi kedua dosen viral di medsos

Buntut Perkelahian, Dua Dosen UMI Disanksi Pesantren 6 BulanTangkapan layar keributan sesama ketua prod di kampus UMI Makassar/Tangkapan layar rekaman video

Sebelumnya perkelahian dosen di UMI tersebar di media sosial. Diketahui, peristiwa itu terjadi di ruangan prodi Ilmu Komunikasi UMI, Senin, 22 Februari, sekitar pukul 12.00 WITA.

Dalam rekaman yang beredar, dosen MU memukul HD dengan botol plastik. HD kemudian membalas dengan tendangan. Aksi itu disaksikan dan dilerai mahasiswa yang tengah mengurus keperluan akademik.

Baca Juga: Penganiayaan Sesama Dosen UMI Makassar, Berawal dari Rapat Daring

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya