Comscore Tracker

Bulukumba Aktifkan Posko Larangan Mudik Mulai Hari Ini

Pengawasan dipercepat untuk jalur transportasi laut

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, mempercepat proses pengawasan larangan mudik lebaran Idulfitri. Pengawasai dimulai hari ini, Senin (3/5/2021).

Pemerintah melarang masyarakat mudik pada masa lebaran, yang berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021.

"Sesuai hasil keputusan rapat Forkopimda bahwa pengawasan arus mudik mulai dilakukan hari ini," kata Kepala Dinas Kominfo Bukukumba Daud Kahal kepada IDN Times, Senin siang. 

1. Pengawasan dimulai pada moda transportasi laut

Bulukumba Aktifkan Posko Larangan Mudik Mulai Hari IniPosko pengawasan pemudik di Pelabuhan Bira Bulukumba/Pemkab Bulukumba

Daud mengatakan, pada hari pertama pengawasan arus mudik, Pemkab Bulukumba melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan petugas TNI-Polri. Petugas mengawali pengawasan di jalur transportasi laut, yakni kawasan pelabuhan penyeberangan Bira.

Menurut Daud, transportasi laut merupakan salah satu jalur yang biasanya paling ramai jelang masa mudik lebaran. Pembangunan posko di pelabuhan untuk memastikan tidak ada penyeberangan penumpang pada masa larangan mudik. Untuk hari awal, aktivitas petugas di posko sebatas mengawasi pergerakan penumpang.

"Pantauan di sini (pelabuhan) masih tahap sosialisasi dan imbauan," ucap Daud. 

2. Posko penyekatan antar daerah sesuai instruksi pemerintah pusat

Bulukumba Aktifkan Posko Larangan Mudik Mulai Hari IniPosko pengawasan pemudik di Pelabuhan Bira Bulukumba/Pemkab Bulukumba

Pemkab Bulukumba bakal mengawasi kebijakan larangan mudik serentak dengan daerah lain, yakni mulai Kamis, 6 Mei 2021. Begitu juga dengan jalur transportasi utama di darat. Ketika diaktifkan, petugas akan menghalau pemudik dari dan menuju keluar Bulukumba.

"Efektifnya di situ (6 Mei) untuk pengawasan dan penyekatannya. Sekaligus kita membangun posko petugas," kata Daud. 

3. Bulukumba awasi perbatasan dengan tiga daerah

Bulukumba Aktifkan Posko Larangan Mudik Mulai Hari IniIlustrasi mudik. IDN Times/Dini Suciatiningrum

Lebih lanjut, Daud menyatakan Pemkab Bulukumba bakal membangun dua posko penyekatan di jalur darat. Masing-masing pada daerah perbatasan dengan daerah tetangga, yakni Bantaeng dan Sinjai.

Posko Pelabuhan Bira bertujuan memantau aktivitas mudik dari dan menuju Kabupaten Kepulauan Selayar. Selain dimulai lebih awal, pembatasan mudik di Bulukumba rencananya digelar lebih lama, merujuk pada adendum Kementerian Perhubungan.

"Itu ada di dalam adendum bahwa penyekatan sampai tanggal 24 Mei," Daud menerangkan.

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya