Comscore Tracker

Banjir Rendam Lantai 1 Rumah Sakit di Parepare, 14 Pasien Dievakuasi 

Lantai satu RSUD Andi Makkasau sempat terendam banjir

Makassar, IDN Times - Sebanyak 14 pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare terpaksa dievakuasi dari dalam kamar perawatan. Evakuasi dilakukan pihak rumah sakit menyusul banjir yang tiba-tiba menggenangi kamar pasien.

Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeny Sari mengatakan, air setinggi mata kaki orang dewasa itu terjadi pada Sabtu (11/1) sekitar pukul 18.10 WITA. Banjir masuk ke dalam ruangan lantai satu rumah sakit, tepatnya di ruang kamar Seruni.

"Ada pasien 14 orang kita langsung evakuasi pas banjirnya. Tapi sekarang sudah mulai steril kembali. Sudah kita bersihkan semuanya," kata Renny kepada IDN Times, saat dikonfirmasi sesaat lalu.

1. Banjir karena saluran drainase tersumbat

Banjir Rendam Lantai 1 Rumah Sakit di Parepare, 14 Pasien Dievakuasi Petugas RSUD Andi Makkasau Parepare membersihkan ruangan akibat rendaman banjir / Istimewa

Renny menjelaskan, banjir terjadi akibat intensitas curah hujan lebat yang melanda kawasan Kota Parepare beberapa jam sebelumnya. Ditambah, saluran pembuangan atau drainase yang berada di sekitar kawasan rumah sakit tersumbat.

"Pas magrib tadi itu hujan memang lagi deras-derasnya. Terus drainase di dekat bangunan itu ada yang menyumbat. Jadi air meluap, masuk ke dalam ruangan. Jadi kita segera melakukan evakuasi," jelas Renny.

2. 14 pasien dievakuasi ke ruangan lain yang lebih aman

Banjir Rendam Lantai 1 Rumah Sakit di Parepare, 14 Pasien Dievakuasi Petugas RSUD Andi Makkasau Parepare membersihkan ruangan akibat rendaman banjir / Istimewa

Banjir yang terjadi di Ruang Seruni RSUD Makkasau Parepare sebelumnya, sempat tersebar melalui rekaman video berdurasi kurang dari satu menit. Dalam video yang tersebar ke berbagai grup aplikasi media sosial itu, memperlihatkan detik-detik ruangan terendam banjir.

Beberapa orang yang diduga anggota keluarga pasien yang dirawat, terlihat sibuk mengemasi barang-barang di dalam ruangan kamar. Lebih lanjut kata Renny, 14 pasien kemudian dievakuasi ke salah satu kamar di dalam rumah sakit yang dianggap lebih aman.

Sembari, petugas lainnya membenahi drainase yang tersumbat. "Kita benahi sumbatannya, kemudian langsung dibersihkan. Jadi sekarang sudah bersih," ujar Renny.

Baca Juga: Siaga Bencana, Wagub Sulsel Harap Jalur Evakuasi Diperjelas

3. Kondisi banjir di rumah sakit berangsur reda, pasien tetap di tempatkan ke ruangan yang lebih aman

Banjir Rendam Lantai 1 Rumah Sakit di Parepare, 14 Pasien Dievakuasi Petugas RSUD Andi Makkasau Parepare membersihkan ruangan akibat rendaman banjir / Istimewa

Saat ini lanjut Renny, kondisi banjir yang sempat merendam ruangan berangsur mereda. Pasien yang dievakuasi, juga masih sementara ditempatkan di ruangan yang lebih aman. Renny memastikan situasi saat ini sudah aman terkendali.

"Sudah aman terkendali. Pasien kita evakuasi ke ruangan lain dan saya putuskan untuk tidak mengembalikan (ke ruangan yang sebelumnya banjir) karena kasian pasiennya," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Gelar Siaga Bencana untuk Cek Kesiapan Hadapi Banjir

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya