Comscore Tracker

5 Ribu Orang Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung Bawakaraeng

Pengunjung tersebar di tiga titik kawasan Bawakaraeng

Makassar, IDN Times - Ribuan orang memadati kawasan Gunung Bawakaraeng pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020). Mereka terpantau masuk lewat Desa Lembanna, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Ketua Pelaksana Harian Forum Sulsel Peduli (FSP), Patarai, yang berada di Desa Lembanna mengatakan, orang-orang mulai berdatangan ke kaki Gunung Bawakaraeng sejak H-1, atau Selasa 27 Oktober.

"Kalau total keseluruhan...mencapai 5 ribu orang lebih," kata Patarai saat dihubungi IDN Times, Rabu.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, 15 ribu Pendaki Peringati HUT RI di Gunung Bawakaraeng

1. Semua pengunjung terdaftar di posko SAR

5 Ribu Orang Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung BawakaraengKawasan hutan pinus Lembanna, kaki Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa. IDN Times/Sahrul Ramadan

Patarai menyebut lima ribuan pendaki tercatat pada pendataan di posko registrasi yang didirikan Basarnas Makassar bersama unsur SAR gabungan. Posko siaga didirikan di kawasan hutan pinus Lembanna, untuk mengantisipasi potensi kejadian darurat.

Pengunjung kawasan Gunung Bawakaraeng terdaftar untuk tiga daerah tujuan utama. Yakni puncak gunung, lembah Ramma, dan hutan pinus Lembanna.

"Sehari sebelumnya penggiat alam bebas ini sudah mulai berdatangan," ujar Patarai.

2. Relawan kumpulkan sampah di kawasan pendakian

5 Ribu Orang Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung BawakaraengAksi bersih sampah FSP Sulsel di Gunung Bawakaraeng. IDN Times/FSP

Patarai yang juga Anggota Basarnas Makassar mengatakan, momentum Sumpah Pemuda sekaligus dimanfaatkan untuk aktivitas bersih-bersih Gunung Bawakaraeng. Terdapat tim relawan yang menyisir sampah di sepanjang kawasan pendakian.

Selain itu, relawan juga membagikan kantong plastik dan mengarahkan pengunjung agar memungut sampah yang ditemukan di perjalanan. Sejauh ini relawan sudah mengumpulkan beberapa kantong berisi sampah.

"Sudah kita bagikan juga sebanyak 180 lembar kantung, jadi pendaki bisa langsung simpan sampahnya kemudian turun," kata Patarai.

3. Jumlah pengunjung masih jauh dari rekor 17 Agustus 2020

5 Ribu Orang Peringati Hari Sumpah Pemuda di Gunung BawakaraengSiaga Merah Putih Basarnas Makassar di Gunung Bawakaraeng/Basarnas Makassar

Jumlah pengunjung yang tercatat memasuki Kawasan Gunung Bawakaraeng masih jauh dari rekor pada 17 Agustus 2020. Pada peringatan HUT Republik Indonesia, setidaknya ada 15 ribu orang yang memadati Bawakaraeng.

Pendaki yang datang di momen Sumpah Pemuda, kata Patarai, kini secara bertahap sudah mulai meninggalkan gunung. Di antara mereka juga ada yang membawa kantong sampah yang sebelumnya dibagikan.

"Tapi masih ada juga beberapa yang mungkin masih camp di puncak, sama termasuk di hutan pinus Lembanna," katanya.

Baca Juga: Personel Basarnas Makassar Siaga di Sejumlah Lokasi saat Libur Panjang

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya