3 Warga di Tana Toraja Tertimpa Tanah Longsor

Korban merupakan sekeluarga

Makassar, IDN Times - Tiga warga dikabarkan menjadi korban tertimpa material tanah longsor di Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. Informasi yang diterima dari kepolisian, longsor sebelumnya sempat terjadi di lokasi setempat, pada Kamis malam (30/1).

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, korban yang tertimpa longsoran merupakan sekeluarga. "Tiga anggota keluarga itu sedang berada di dapur sehingga ketiganya ikut tertimpa material longsor," ujar Ibrahim dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (31/1).

Baca Juga: 7 Hal yang Wajib Kamu Tahu sebelum Traveling ke Tana Toraja, Sulsel

1. Ketiga korban adalah anggota keluarga kepala lembang setempat

3 Warga di Tana Toraja Tertimpa Tanah LongsorProses pembersihan sisa material longsoran di Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. IDN Times / Humas Polda Sulsel

Tiga orang yang menjadi korban tertimpa material longosoran itu adalah Reski (33), Nober (26) dan Given (15). Ketiganya disebutkan Ibrahim adalah anggota keluarga kepala lembang setempat, bernama Benyamin Bonggakarua.

Saat longsoran terjadi, ketiganya sedang beraktivitas di dapur rumah. Pembatas dapur rumah dengan tebing lokasi longsoran saling berdampingan. Ketika longsor terjadi, mereka pun terkena material tanah, pasir dan batu.

"Hanya bagian dapur yang alami kerusakan. Korban dievakuasi segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis," ungkap Ibrahim.

2. Kondisi ketiga korban berangsur membaik

3 Warga di Tana Toraja Tertimpa Tanah LongsorKorban longsoran menjalani perawatan medis. IDN Times / Humas Polda Sulsel

Pascaevakuasi dan perawatan medis sejak malam tadi, kondisi ketiga korban saat ini perlahan membaik. Mereka mengalami luka lecet dan lebam di tubuh akibat timpaan material longsor.

Curah hujan dengan intensitas yang cukup lebat dalam dua hari terakhir disebutkan Ibrahim menjadi penyebab longsoran di lokasi setempat terjadi. "Ditambah dengan kondisi tanah yang labil sehingga material tanah dan bebatuan yang ada di atas tebing alami pergeseran. Akibatnya terjadi longsoran material dari atas tebing yang langsung menimpa rumah Benyamin Bonggakarua," jelas Ibrahim.

3. Warga TNI-Polri dan aparatur pemerintahan desa perlahan membersihkan area longosoran

3 Warga di Tana Toraja Tertimpa Tanah LongsorProses pembersihan sisa material longsoran di Lembang Sasak, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja. IDN Times / Humas Polda Sulsel

Warga dibantu jajaran TNI-Polri hingga aparatur desa setempat pun bergotong royong membersihkan sisa material longsoran yang menimpa rumah kepala lembang hingga Jumat sore.

Akses jalan desa menuju lokasi lain di kawasan itu --yang sebelumnya sempat terganggu akibat material longsoran--saat ini dapat dilalui kembali.

"Warga setempat berpartisipasi aktif bersama kami, bersatu ulurkan tangan sumbangsihkan tenaga bersihkan material longsor yang menimbun rumah kediaman Benyamin Bonggakarua," imbuh Ibrahim.

Baca Juga: Sempat Longsor, Jalan Poros di Tana Toraja Berangsur Pulih 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya