Demi Jaga Kebersihan Pasar, Pj Wali Kota Iqbal Edukasi Pedagang

Penumpukan sampah di kanal berasal dari pasar

Makassar, IDN Times – Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb mengedukasi pedagang soal pentingnya tanggung jawab bersama menciptakan pasar yang bersih dan nyaman.

Ia menunjukkan hal tersebut saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Pa’baeng-baeng serta meminta pedagang memungut dan mengantongi sampahnya masing-masing.

1. Sebelum ke pasar, Pj Wali Kota Iqbal tinjau kanal

Demi Jaga Kebersihan Pasar, Pj Wali Kota Iqbal Edukasi PedagangIDN Times/Pemkot Makassar

Sebelum sidak ke Pasar Pa’baeng-baeng, Pj Wali Kota Iqbal terlebih dulu meninjau pembersihan kanal Pa’baeng-baeng oleh Satgas Kebersihan, Rabu (29/5).

Iqbal menilai, masalah utama dari penumpukan sampah di kanal berasal dari sampah pasar.

“Meskipun pemerintah kota rutin melakukan pembersihan kanal, jika tidak didukung dengan kesadaran dan upaya bersama dari pedagang pasar untuk menjaga kebersihan maka usaha itu tidak akan maksimal,” kata Iqbal.

2. Pj Wali Kota Iqbal sayangkan opini pedagang

Demi Jaga Kebersihan Pasar, Pj Wali Kota Iqbal Edukasi PedagangIDN Times/Pemkot Makassar

Pj Wali Kota Iqbal menyayangkan adanya opini pedagang yang menganggap bahwa karena mereka membayar retribusi sampah, petugas sampahlah yang berkewajiban membersihkan sampah pasar.

Iqbal mengatakan, petugas sampah tinggal mengambil sampah. Namun, pedaganglah yang mengumpulkan dan memasukkannya ke kantong sampah terlebih dahulu.

“Tidak benar kalau petugas sampah memunguti sampah berserakan di lantai (tanah). Dia semestinya tinggal mengambil sampah yang sudah dimasukkan ke dalam kantong,” kata Iqbal.

3. Iqbal pastikan tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai atau kanal

Demi Jaga Kebersihan Pasar, Pj Wali Kota Iqbal Edukasi PedagangIDN Times/Pemkot Makassar

Selain di tempat tersebut, Iqbal Suhaeb juga meninjau beberapa lokasi, yakni Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Dg Tata 3 Tamalate, Pasar Pamus, Kelurahan Sambung Jawa Mamajang, dan Kanal Pasar Senggol Mariso.

Dalam kunjungan tersebut, Iqbal ingin memastikan tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai atau kanal.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya