Gubernur Nurdin Promosikan Sulsel di KTT ASEAN di Bangkok

Pertemuan KTT ASEAN di tengah polemik perang dagang AS-China

Makassar, IDN Times -  Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Thailand.

Nurdin pun tak menyia-nyiakan momen KTT ASEAN tersebut. Dia mempromosikan berbagai kelebihan Sulsel, salah satunya mengekspor sejumlah komoditas ungulan  Makassar menuju ke negara tujuan. 

"Biayanya juga lebih rendah ketimbang melalui Surabaya,” kata Nurdin melalui keterangan tertulis, Senin (24/6).

1. Di KTT ASEAN, sejumlah negara tetangga membahas persoalan ekonomi

Gubernur Nurdin Promosikan Sulsel di KTT ASEAN di BangkokIDN Times/Istimewa

Untuk mengembangkan ekonomi, menurut Nurdin, diperlukan kerja sama antar swasta dan lainnya. Saat ini, lanjut dia, Sulsel telah memiliki direct call ekspor, sehingga ia tak bergantung lagi dengan Surabaya.

Selain membahas masalah ekonomi, kegiatan ini juga membahas soal kerja kelautan atau kemaritiman. Oleh karena itu, Nurdin berharap investasi bisa semakin meningkat. “Kita berharap investasi yang masuk ke Sulsel semakin besar,” ucap mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Baca Juga: 5 Fakta Perjalanan Nurdin Abdullah, Gubernur Sulsel Bergelar Profesor

2. Nurdin sebut kegiatan ini momen mengapresiasi perkembangan ekonomi di ASEAN

Gubernur Nurdin Promosikan Sulsel di KTT ASEAN di BangkokIDN Times/Didit Hariyadi

Dia menilai, jika kegiatan ini merupakan salah satu momen untuk mengapresiasi perkembangan ekonomi di negara bagian ASEAN. Apalagi Indonesia adalah negara yang memberikan kontribusi banyak terhadap peningkatan ekonomi ASEAN.

Pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara ASEAN ini membahas pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara. Itu sekaligus momentum bagi Joko Widodo untuk menyampaikan apresiasi terhadap semua negara ASEAN yang telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan Outlook.

3. Jokowi sampaikan kekhawatiran mengenai dampak perang dagang AS dan Tiongkok

Gubernur Nurdin Promosikan Sulsel di KTT ASEAN di BangkokIstimewa

Jokowi mengatakan bahwa outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik menjadi lebih penting di tengah-tengah perkembangan dunia saat ini, terutama setelah pecahnya perang dagang antar Amerika Serikat dan China.

Jokowi khawatir, perang dagang tersebut akan melibatkan dan berdampak kepada banyak negara. "Perang dagang antara Amerika dan China belum membaik," ujar orang nomor satu di Indonesia ini.

Oleh sebab itu outlook ini mencerminkan sentralitas dan kekuatan ASEAN dalam menghormati prinsip-prinsip menjaga perdamaian serta memperkokoh kerja sama.

Baca Juga: Apa yang Perlu Kamu Tahu Soal Perang Dagang AS-Tiongkok

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya