Beda, KKN Mahasiswa Unhas Dalami Kerusakan DAS Penyebab Banjir Besar

Januari lalu, banjir besar landa Makassar dan Gowa

Makassar, IDN Times - Puluhan mahasiswa Universitas Hasanuddin dilepas oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah di Baruga Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Kamis (24/5) untuk melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) tematik. Ada yang berbeda pada KKN Unhas, kali ini.

Ya, KKN ini berbeda dengan yang pada umumnya yang hanya diminta menejawantahkan ilmu yang mereka pelajari, di desa-desa. Kali in, para mahasiswa diminta menangani pengendalian kerusakan lingkungan pada hutan lahan dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Jeneberang, Kabupaten Gowa.

Apalagi beberapa bulan lalu, sungai ini meluap, akibatnya kota Makassar dan Kabupaten Gowa terendam air. “Kita selalu bersama masyarakat dan mendalami setiap persoalan yang ada,” ucap Wakil Rektor I Unhas Makassar, Muhammad Restu.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Utama Banjir Besar di Sulsel, Januari Lalu

1. KKN ini adalah program kemanusiaan

Beda, KKN Mahasiswa Unhas Dalami Kerusakan DAS Penyebab Banjir BesarIDN Times/Didit Hariyadi

Menurut dia, ini adalah KKN khusus yang memang kampus programkan untuk kemanusiaan. Apalagi beberapa bulan lalu, Sulawesi Selatan dilanda bencana. Sehingga kampus almamater merah ini memprogramkan soal kebencanaan.

Akan tetapi pemerintah juga harus turun bersama untuk mencegah terjadinya bencana. “KKN ini berbeda sebelumnya, kali ini kita betul-betul aktif di masyarakat,” tutur Restu.

2. KKN khusus Unhas terdiri tiga kelompok

Beda, KKN Mahasiswa Unhas Dalami Kerusakan DAS Penyebab Banjir BesarIDN Times/Didit Hariyadi

Menurut dia, Unhas memiliki tiga kelompok KKN khusus, di antaranya mengenai masalah hutan, KKN khusus pendidikan  advokasi, dan mengenai kesehatan. Oleh sebab itu, ia berharap seluruh pihak terkait terlibat bukan hanya pemerintah provinsi Sulsel.

“Harusnya semua stakeholder terlibat mulai kementerian kesehatan sampai yang terlibat soal kebencanaan. Mudah-mudahan dengan begini persoalan hutan dan lainnya bisa ditangani,” ucap dia,

3. Sebulan ke depan harus ada perencanaan dari mahasiswa KKN ini

Beda, KKN Mahasiswa Unhas Dalami Kerusakan DAS Penyebab Banjir BesarIDN Times/Didit Hariyadi

Setelah menjalani KKN tematik di DAS Jeneberang, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah berharap ada perencanaan dari mahasiswa-mahasiswa tersebut. Sehingga, hal itu bisa menjadi acuan semua pihak soal penyebab terjadinya bencana dan cara penanganannya. Pasalnya, KKN khusus Unhas ini adalah kerja kemanusiaan.

“Waktu sebulan harus dimanfaatkan dengan baik,” tutur Nurdin.

Menurut dia, banjir yang melanda Gowa pada Januari lalu disebabkan fungsi tampung air di Bendungan Bili-bili berkurang. Itu diakibatkan sungai tersebut mengalami pendangkalan.

“Salah satu penyebabnya adalah pendangkalan karena ada aktivitas di sekitar sungai (tambang),” ujar Nurdin.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya