Tekan Kriminalitas, Kapolrestabes Makassar Buat Balla Barakah

Polrestabes kirim polwan jadi pembina di Balla Barakah

Makassar, IDN Times - Kapolrestabes Makassar, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mokhamad Ngajib, terus berupaya menekan angka kriminalitas yang melibatkan anak dan remaja di Makassar. Salah satunya dengan mendirikan rumah singgah.

Ngajib memakai bahasa Makassar, yakni Balla Barakah atau Rumah Berkah. Balla Barakah ini baru ada di beberapa Kecamatan di Makassar. Seperti Tamalate, Makassar, dan Biringkanaya.

"Alhamdulillah balla barakah ini tempatnya disiapkan oleh warga, tepatnya masih satu (bangunan) dengan masjid. Tempat ini kita siapkan untuk pembinaan bagi anak-anak yang tidak sekolah," ungkap Ngajib, Selasa (16/5/2023).

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir setiap kali aksi tawuran atau pelaku kriminal yang diamankan polisi rata-rata adalah anak-anak dan remaja. Mereka yang terlibat didominasi anak putus sekolah atau tidak pernah sekolah.

1. Balla Barakah di Tamalate dijaga TNI-Polri dan masyarakat

Tekan Kriminalitas, Kapolrestabes Makassar Buat Balla BarakahPos TNI-Polri samping Balla Barakah atau rumah berkah, Masjid Haji Ibrahim Tamalate, Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Menurut Ngajib, tujuan dia membuat Balla Barakah ini sebagai sarana atau wadah pendidikan bagi anak putus sekolah atau yang sama sekali tidak pernah mengenyam dunia pendidikan formal di ruang kelas atau sekolah pada umumnya.

Lokasi Balla barakah ini berada di lantai 2 Masjid Haji Ibrahim di Jalan M. Tahir, kompleks Kumala Permai, Kelurahan Jongaya, Kecamatan Tamalate. Selain Balla Barakah, ada juga pos gabungan TNI Polri dalam menjaga keamanan.

"Ada disiapkan tempat di belakang untuk pos, dalam rangka kita bersama-sama TNI Polri dan masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate ini. Jadi kita bersinergi antara TNI Polri dan masyarakat," katanya.

"Kemarin kan ada kejadian tawuran, tapi ini dengan harapan adanya pos, ada masjid dan balla barakah ini bisa membawa berkah, anak-anak dikumpul disini untuk dilakukan pembinaan, ada buku-buku juga," sambung Kombes Ngajib.

2. Polrestabes kirim polwan jadi pembina di Balla Barakah

Tekan Kriminalitas, Kapolrestabes Makassar Buat Balla BarakahKapolrestabes Makassar Kombes Pol Mikhamad Ngajib usai meresmikan Balla Barakah. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dengan adanya Balla Barakah ini, nantinya Polrestabes Makassar menyiapkan tenaga pembina dari Polisi Wanita (Polwan) yang sudah dipersiapkan dalam memberi proses belajar mengajar kepada anak-anak disekitar lokasi tersebut.

"Di tempat ini kan kita siapkan perpustakaan, ada buku-buku kita kasih masuk untuk memberikan pembelajaran dasar kepada anak-anak yang tidak sekolah. Nanti beberapa Polwan kita libatkan di sini untuk pembinaan," jelas Ngajib.

Baca Juga: Brigpol Baso Amir Terlibat Narkoba Dipecat Polrestabes Makassar

3. Fasilitasi tempat, warga dukung program Balla Barakah

Tekan Kriminalitas, Kapolrestabes Makassar Buat Balla BarakahSejumlah anak-anak di Balla Barakah atau rumah berkah di Kecamatan Tamalate, Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Sementara itu, Bobby Fahreza warga Kompleks Kumala Permai yang bersedia memfasilitasi tempat untuk Balla Barakah, dia mengaku mendukung program kapolrestabes Makassar dalam menekan angka kriminal melibatkan anak.

"Pasti kita dukung, kalau ditanya warga pasti juga dukung. Karena ini kan hal baik, biar kita juga tidak selalu melihat anak-anak sekitar sini itu terlibat tawuran atau aksi-aksi kejahatan yang merugikan orangtua dan lingkungan," ungkap Bobby.

"Pada dasarnya menjaga keamanan itu bukan saja menjadi tugas dasar polisi dan TNI, tapi kita masyarakat juga. Disini anak-anak yang sudah terlibat ada 35 sampai 40 orang, diantara dari mereka ada yang sering terlibat (tawuran)," lanjutnya.

Baca Juga: Polrestabes Makassar Sita Ratusan Motor Knalpot Brong dalam Semalam

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya