Sulsel Dapat Tambahan 263 Kuota Haji Tahun Ini, Berharap Ditambah

Ali Yafied sebut kloter Makassar akan ditambah

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan mendapatkan tambahan kuota haji 263 untuk pemberangkatan tahun 2023. Penambahan itu didapatkan usai Indonesia mendapat tambahan kuota delapan ribu dari Arab Saudi.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Hali Yafied mengatakan tambahan kuota akan diberikan untuk orang dalam daftar tunggu. Atau bisa juga disebut jemaah haji cadangan.

"Nanti dibagi seluruh kabupaten kota. Tapi sebenarnya ini belum ada juknis (petunjuk teknis), jadi kita perkirakan saja karena ada jemaah cadangan lunas," kata Ali kepada IDN Times Sulsel, Sabtu (27/5/2023).

"Juknisnya mungkin dalam satu atau dua hari ini, karena ini kan sudah dalam pemberangkatan jemaah. Kami tinggal menunggu kalau hari ini datang ya besok langsung kita tindak lanjuti sesuai juknis itu," tambahnya.

Baca Juga: Nenek 102 Tahun asal Parepare Naik Haji Tanpa Pendamping

1. Kemenag Sulsel berharap dapat tambahan kuota lebih banyak

Sulsel Dapat Tambahan 263 Kuota Haji Tahun Ini, Berharap DitambahIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Ali mengatakan, Sulsel bisa saja mendapatkan kuota tambahan. Sebab pihaknya telah mengusulkan kepada Kemenag RI penambahan 2 kelompok terbang atau sekitar 813 orang. 

"Tetapi sampai hari ini belum ada rilis pastinya berapa diberikan untuk Sulsel, karena belum keluar kan juknis-nya," ucap Ali.

Soal usulan penambahan kuota, Ali menyebut itu disesuaikan dengan jemaah jadangan yang telah melunasi biaya haji, yaitu 489. "Jadi mungkin satu kloter lebih, dan lebihnya itu dibuat satu kloter campuran dengan provinsi lain," kata Ali. 

2. Embarkasi Makassar menambah satu kloter

Sulsel Dapat Tambahan 263 Kuota Haji Tahun Ini, Berharap DitambahANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Dengan tambahan kuota 263, maka kloter untuk jemaah haji Sulsel melalui Embarkasi Makassar pun akan bertambah. Untuk tahun 2023 Embarkasi Makassar memberangkatkan 15.935 orang termasuk petugas pendamping, yang terbagi dalam 41 kloter.

Di Embarkasi Makassar, jemaah terbanyak berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, yaitu 7.321. Jumlah jemaah asal provinsi lain, masing-masing, Gorontalo 978, Sulawesi Tenggara 2.019, Maluku 1.086, Maluku Utara 1.076, Sulawesi Barat 1.453, Papua 1.076, dan Papua Barat 723.

3. Jemaah haji berangkat bertahap sejak 24 Mei

Sulsel Dapat Tambahan 263 Kuota Haji Tahun Ini, Berharap DitambahJemaah haji kloter pertama Embarkasi Makassar memasuki Asrama Haji Sudiang di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/5/2023). Kloter I dijadwalkan terbang ke Arab Saudi, Rabu dini hari (24/5/2023). (Dok. Kemenag Sulsel)

Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji dalam dua gelombang. Sebanyak 20 kloter dalam gelombang pertama diberangkatkan bertahap menuju Madinah sejak 24 Mei hingga 7 Juni 2023. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberangkatan 21 kloter pada gelombang kedua yang berangkat menuju Jeddah.

Pemulangan haji melalui Debarkasi Makassar juga terbagi dalam dua gelombang dan 41 kloter. Pemulangan jemaah bertahap dari 4 Juli hingga 2 Agustus 2023.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya