Satu Orang dari Embarkasi Haji Makassar Meninggal di Makkah

Anggota jemaah haji yang meninggal berasal dari Maluku Utara

Makassar, IDN Times - Seorang anggota jemaah haji Embarkasi Makassar meninggal di Arab Saudi. Dia meninggal saat tengah menjalankan ibadah haji di Makkah. 

Wanita yang meninggal diketahui bernama Esa Buba Mahmud. Dia berasal dari Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Itu dikonfirmasi Sekertaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar Ikbal Ismail, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga: Jemaah Haji yang Tiba dengan Suhu Tinggi Langsung Dites Swab

1. Meninggal karena sakit

Satu Orang dari Embarkasi Haji Makassar Meninggal di MakkahSuasana ka'bah jelang puncak haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (17/7/2021). ANTARA FOTO/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS.

Ikbal mengatakan, Esa meninggal pada Selasa (12/7/2022) waktu Saudi. Sebelum meninggal, dia dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi karena sakit.

"Almarhumah sempat dirawat KKHI (Kantor Kesehatan Haji Indonesia) Makassar," kata Ikbal.

2. Jenazah dimakamkan di Makkah

Satu Orang dari Embarkasi Haji Makassar Meninggal di MakkahIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Esa Buba merupakan anggota kelompok terbang 11 Embarkasi Makassar. Jenazahnya dimakamkan di kompleks pemakaman Sharaya di Makkah.

"Barang-barangnya tetap dipulangkan, ada asuransi. Ini jemaah pertama meninggal dari Embarkasi Makassar," ucap Ikbal.

3. Sudah 48 anggota jemaah haji Indonesia meninggal

Satu Orang dari Embarkasi Haji Makassar Meninggal di MakkahIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Operasional haji segera memasuki fase pemulangan. Enam kloter pertama akan diterbangkan ke Tanah Air pada 15 Juli 2022.

Plh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Wawan Djunaedi mengatakan, hingga sehari sebelum kepulangan jemaah, anggota jemaah haji Indonesia yang wafat bertambah.

“Sampai dengan H-1 kepulangan, ada 48 jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci,” kata Wawan Djunaedi dikutip dari laman Kementerian Agama, Jumat.

Wawan menambahkan, sampai hari ini, total anggota jemaah haji Indonesia yang sakit dan dirawat sebanyak 102 orang. Jumlah ini terdiri atas 27 orang yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), dan 75 lainnya dirawat di KKHI Makkah.

Baca Juga: Jadwal Debarkasi Haji Makassar, Kapan Jemaah Kembali?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya