Polisi Bersiap Amankan Pesta Suporter jika PSM Juara Liga 1

Polisi mengingatkan tidak ada kendaraan pakai knalpot brong

Makassar, IDN Times - Kepolisian Resor Kota Besar Makassar bersiap mengamankan pesta pawai suporter jika PSM Makassar memastikan juara Liga 1. Laga penentuan juara PSM berlangsung Jumat malam ini (31/3/2023).

"Jadi kita bersepakat, kalau memang PSM Makassar juara nanti bersama-sama para suporter kita akan melakukan pawai. Tentunya pawai tersebut dilakukan atau dilaksanakan tertib," kata Kapolrestabes Makassar Kombes Budhi Haryanto di Kantor Polrestabes, Kamis malam (30/3/2023).

Baca Juga: Madura United Vs PSM Makassar, Juku Eja di Ambang Pesta Juara

1. Polisi berharap suporter konvoi dengan tertib

Polisi Bersiap Amankan Pesta Suporter jika PSM Juara Liga 1ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

PSM Makassar bertamu ke kandang Madura United di Jawa Timur malam ini. Jika menang, mereka mengunci gelar juara Liga 1 musim 2022/2023. PSM juga tetap juara meski kalah atau imbang, dengan catatan di pertandingan lain Persib gagal memetik poin penuh lawan Persija.

Kapolrestabes memaklumi jika suporter PSM meluapkan kegembiraan lewat pawai di jalan. Namun dia berharap pesta suporter berlangsung tertib.

"Tentunya jika teman-teman suporter ini merayakan pawai tersebut kita harapkan tidak mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat, apalagi sekarang ini kan momen bulan Ramadan," ucap Budhi.

2. Petugas polisi pantau kegiatan nobar

Polisi Bersiap Amankan Pesta Suporter jika PSM Juara Liga 1Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Budhi Haryanto. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Kombes Budhi mengatakan, Polrestabes Makassar sudah membuat skema pengamanan untuk memastikan pesta suporter berlangsung tertib. Pihaknya memasang petugas polisi di sejumlah titik nonton bareng suporter. Polisi yang berjaga juga ikut saat suporter konvoi usai pertandingan.

"Nanti pelaksanaanya kita nonton bareng di beberapa titik yang sudah kita tentukan dan kita cek. Setelah itu baru dilakukan konvoi," Budhi melanjutkan.

3. Polisi tegaskan tidak ada kendaraan pakai knalpot brong

Polisi Bersiap Amankan Pesta Suporter jika PSM Juara Liga 1Kendaraan pakai knalpot brong disita di halaman Polrestabes Makassar. (Istimewa)

Selain itu, Kombes Budhi juga menekankan bahwa suporter menggunakan kendaraan sesuai aturan saat pesta pawai. Baik mobil maupun motor tidak boleh menggunakan knalpot brong atau racing.

Sebelumnya, Polrestabes Makassar sudah bertemu dengan perwakilan suporter PSM. Dalam pertemuan itu suporter diingatkan menjaga ketertiban, termasuk soal penggunaan kendaraan.

"Itu (knalpot brong) tidak ada nanti, karena kita sudah sepakati dan itu kesepakatan kita bersama. Nanti kita lihat kalau ada yang pakai ditindak, karena bisa saja membuat kebisingan," jelas Budhi.

Baca Juga: Kabar Terbaru Petar Segrt, Eks Pelatih PSM Kesayangan Suporter

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya