Comscore Tracker

Kimberly, Bayi 4 Bulan di Palopo Wakili  Orang Tuanya Wisuda

Ibu meninggal saat melahirkan, ayah dipenjara

Makassar, IDN Times - Prosesi wisuda sarjana Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo, Sulawesi Selatan, diwarnai dengan momen haru. Saat itu bayi berumur empat bulan mengggantikan kedua orang tuanya yang tidak hadir.

Bayi itu bernama Kimberly. Buah hati dari pasangan Citra Fadhila Arsyad dan Reza ini datang digendong neneknya menghadiri acara wisuda Unanda di gedung Saodenrae Convention Centre, Palopo, Senin (8/8/2022) lalu.

Kimberly datang karena diundang langsung oleh pihak Unanda mewakili dua orangtuanya. Ibu Kimberly, Citra, meninggal saat melahirkannya pada tanggal 7 Maret 2022. Sedangkan ayahnya, Reza, tengah menjalani proses hukum.

"Masya allah, semua merasakan haru dan sedih saat tahu ceritanya itu anak (Kimberly)," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Unanda Palopo, Nunung Misran kepada IDN Times Sulsel, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Satpam di Palopo Tewas Tertimpa Pagar saat Demo, 9 Orang Tersangka

1. Ibu meninggal saat lahiran, ayah dipenjara

Kimberly, Bayi 4 Bulan di Palopo Wakili  Orang Tuanya WisudaKimberly, bayi umur 4 bulan di gedong dosen usai mewakili kedua orangtua wisuda. (Dok.Unanda)

Nunung menerangkan, ibu Kimberly tidak hadir karena meninggal saat melahirkan Kimberly. Padahal, sebelum ujian akhir pada Februari 2022 lalu, Citra yang masih hamil besar, semangat untuk bisa wisuda. 

"Idealnya ayahnya sama ibunya ini wisuda kemarin, tapi saat lahiran dia (Citra) meninggal. Ayahnya (Kimberly) juga kasihan, tabrak orang di Sengkang saat cari kerja, jadi ayahnya sekarang ditahan," tuturnya.

Sedianya Citra dan Reza duduk diantara 525 peserta wisudawan wisudawati dari fakultas Pertanian, Perikanan, Kehutanan, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, serta juga fakultas Hukum.

"Dua-duanya lulusan S1, almarhumah ini lulusan S1 program studi manajemen dari fakultas ekonomi. Kalau ayahnya kim (Kimberly) lulusan S1 juga di fakultas perikanan program budidaya perikanan," Nunung menjelaskan.

2. Unanda berusaha hadirkan Reza saat wisuda

Kimberly, Bayi 4 Bulan di Palopo Wakili  Orang Tuanya WisudaSaat prosesi wisuda Universitas Andi Djemma (Unanda) Palopo. (Dok.Unanda)

Nunung yang dihubungi via telepon, mengatakan, jauh hari sebelum acara wisuda digelar, pihak fakultas dan Universitas sudah berusaha meminta Reza untuk hadir saat wisuda berlangsung. Pihaknya sudah menghubungi kepolisian yang menahan dia.

"Agar Reza hadiri wisudanya, tapi tidak bisa," terang Nunung.

Akhirnya, Kimberly bersama keluarga ayah dan ibunya yang hadir. Kimberly terlihat tenang dan tidak rewel saat dipakaikan toga dan digendong di antara ratusan undangan dan peserta wisuda.

3. Ayah dan ibu Kimberly dikenal baik

Kimberly, Bayi 4 Bulan di Palopo Wakili  Orang Tuanya WisudaFoto ibu bayi Kimberly, Citra Fadila Arsyad, salah satu peserta Universitas Andi Djemma (Unanda), Palopo. (Dok.Unanda)

Ayah dan almarhumah ibu Kimberly dikenal baik di fakultas mereka masing-masing, kata Nunung. Makanya saat Reza diamankan polisi, pihak kampus dan fakultas langsung meminta kebijaksanaan.

"Tidak ada pernah buat masalah, tidak ada tunggakannya, tugas-tugasnya semua dikerja, baik sama dosen dan teman-temannya. Bahkan kemarin kita pastikan ke kedua orangtuanya itu kita akan permudah untuk ambil ijazahnya nanti," kata Nunung.

Baca Juga: Viral Maba Untirta Ngaku Dijemur Berjam-jam hingga Dilecehkan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya