Comscore Tracker

Besok Jemaah Haji Tiba, PPIH Makassar Wajibkan Tes PCR Antigen

Pengunjung dan penjemput bisa akses Ring 1

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, sudah mempersiapkan penyambutan jemaah haji dari Arab Saudi yang tiba pada Kamis (28/7/2022) sore di Makassar, sekitar pukul 16.40 Wita.

Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar, H. Ikbal Ismail menyatakan, pihaknya telah membahas penyambutan jemaah haji. Mulai dari penyediaan fasilitas kesehatan di poliklinik Asrama Haji Sudiang, hingga pembagian air Zam Zam kepada jemaah.

"Alhamdulillah tadi pagi kami sudah rapat bersama instansi terkait untuk penyambutan jemaah haji kloter (kelompok terbang) pertama," kata Ikbal dalam keterangan resmi melalui WhatsApp group PPIH Debarkasi Makassar, Kamis (27/7/2022) siang.

1. Jemaah haji harus tes antigen dan PCR

Besok Jemaah Haji Tiba, PPIH Makassar Wajibkan Tes PCR AntigenWarga menjalani tes usap (swab test) melalui mobil tes polymerase chain reaction (PCR). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Untuk penjemputan jemaah haji Makassar pada Kamis (28/7/2022) siang, menurut Ikbal, dua bus akan disiapkan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Mereka yang dijemput yaitu jemaah haji kloter 1 asal Makassar, Parepare, dan Soppeng.

"Jadi dari bandara langsung diarahkan ke asrama haji (Sudiang) untuk pemeriksaan antigen, apabila dari antigen ada jemaah yang positif (Covid-19) maka dilanjutkan lagi dengan proses pemeriksaan PCR untuk dipastikan lagi," jelas Ikbal Ismail.

Kemudian, bagi jemaah yang terkonfirmasi positif COVID-19 akan diantar dengan menggunakan ambulans yang disiapkan PPIH masing-masing daerah.

"Kalau jemaah yang melakukan perjalanan pulang lewat laut atau udara maka kita siapkan tempat isolasi mandiri di asrama haji," lanjutnya.

2. Gubernur Sulsel siap jemput Kloter 1

Besok Jemaah Haji Tiba, PPIH Makassar Wajibkan Tes PCR AntigenSekretaris PPIH Debarkasi Makassar, H. Ikbal Ismail. (Istimewa/dok.PPIH Makassar)

Ikbal mengatakan, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, diagendakan hadir langsung menjemput jemaah haji kloter 1. Rincian jemaah haji direncanakan mendarat besok yaitu, 208 orang asal Makassar, 61 orang dari Parepare, dan 119 orang dari Soppeng.

"Alhamdulillah sudah ada konfirmasi Bapak Gubernur Sulsel (akan menyambut), dan akan menyerahkan ke perwakilan daerah yang datang. Saya dapat info Inshaallah Pak Wali Kota (Danny Pomanto) sendiri akan hadir menerima jemaah Makassar," beber Ikbal.

3. Pengunjung dan penjemput bisa akses Ring 1

Besok Jemaah Haji Tiba, PPIH Makassar Wajibkan Tes PCR AntigenIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Untuk keluarga atau rombongan yang akan menjemput jemaah haji di Asrama Haji Sudiang, pihak PPIH Debarkasi Makassar akan melakukan pembatasan ketat. Hal ini mengingat Indonesia, termasuk Sulsel dan Makassar masih dalam masa pandemik COVID-19.

"Tentu protokol kesehatan kita terapkan, pengunjung atau keluarga penjemput nanti tidak boleh masuk ring dua apalagi ring tiga. Ring tiga itu di aula dan ring dua sekitar kantin, jadi pengunjung hanya bisa akses ring satu saja," jelas Ikbal Ismail.

"Alhamdulillah jadi kami pantau tadi untuk persiapan asrama haji sudah 100 persen, baik itu jemaah Sulsel atau jemaah transit. Termasuk pendistribusian air zam zam itu tadi laporannya dari tim pembekalan sudah 75 persen terdistribusikan," tutupnya.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya