Berantas Balap Liar, Kapolrestabes Makassar Sediakan Sirkuit 

Kombes Ngajib tidak ingin ada lagi balap liar di Makassar

Makassar, IDN Times - Kapolrestabes Makassar Kombes Mokhamad Ngajib ingin memberantas balap liar di wilayahnya. Salah satunya dengan memfasilitasi para pemuda dengan tempat menyediakan sirkuit sebagai tempat khusus menyalurkan hobi balap.

Rencana menghadirkan sirkuit diungkapkan Ngajib usai memimpin operasi penindakan balap liar di Makassar, pada Sabtu dan Minggu pekan lalu. Kapolrestabes menyebut sirkuit rencananya disediakan di kawasan Jalan Dr. Leimena, Kecamatan Manggala.

"Alhamdulillah kami sudah membicarakan ini bersama pemerintah terkait seperti Dispora dan Koni, serta kita libatkan IMI (Ikatan Motor Indonesia) juga," kata Kombes Ngajib saat dikonfirmasi IDN Times Sulsel, Senin (8/5/2023).

Baca Juga: Kapolrestabes Makassar yang Baru Janji Tuntaskan Kasus Teror Busur

1. Perlu sirkuit untuk menyalurkan hobi otomotif

Berantas Balap Liar, Kapolrestabes Makassar Sediakan Sirkuit Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib. (Dahrul Amri/IDN TImes Sulsel)

Kombes Ngajib menggelar dialog dengan sejumlah pemangku kepentingan otomotif di Makassar usai memimpin razia penindakan balap liar. Dia mengatakan, pada dialog tersebut dia menyampaikan rencananya memfasilitasi anak muda yang hobi balap. Selama ini para pehobi balap motor di Makassar dianggap tidak punya lokasi layak untuk menyalurkan minat dan bakat, sehingga jalan raya jadi arena.

"Tentunya hal itu kita lakukan untuk menyalurkan hobi otomotif mereka. Karena sebagian besar alasan mereka melakukan balap liar dikarenakan tidak memilki atau tidak adanya tempat khusus yang disediakan kepada mereka," kata Ngajib.

2. Kapolrestabes tidak ingin ada lagi balap liar di Makassar

Berantas Balap Liar, Kapolrestabes Makassar Sediakan Sirkuit Ilustrasi pelaku balap liar (Dok pribadi)

Ngajib berjanji menyediakan lokasi atau sirkuit untuk menyalurkan hobi para komunitas atau para pelaku balap liar. Dengan catatan, jika sudah ada arena, tidak ada lagi balap liar di wilayah Makassar.

"Pastinya dari fasilitas yang disediakan, ada syarat yang saya berikan kepada teman-teman atau komunitas motor yaitu tidak ada lagi yang melakukan balap liar," tegasnya.

3. Kapolrestabes dianggap memberi secercah harapan bagi pehobi balap

Berantas Balap Liar, Kapolrestabes Makassar Sediakan Sirkuit ilustrasi balap motor (unsplash.com/Joe Neric)

ketua salah satu komunitas otomotif, Makassar racing, Kamal Losari mendukung upaya Kapolrestabes Makassar menyediakan sirkuit. Dia menyebut itu bisa jadi langkah efektif menekan aksi balap liar di jalan raya.

"Teman-teman selama ini kan melakukan balap liar karena tidak ada wadah atau tempat untuk menyalurkan hobinya. Dan sekarang pak Kapolrestabes memberikan teman-teman secercah harapan untuk bisa salurkan hobi di otomotif ini," kata Kamal.

Baca Juga: [WANSUS] Cara Ngajib Libas Pelaku Tawuran dan Teror Panah di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya