Comscore Tracker

Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker Makassar

Kamu sedang mencari pekerjaan? Buruan datang!

Makassar, IDN Times - Para pencari kerja memadati bursa kerja yang diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar pada Selasa (19/11). Di acara itu, sebanyak 50 perusahaan turut berpartisipasi dan membuka stan untuk menerima surat lamaran. 

Bursa kerja atau job fair itu digelar di Mall Phinisi Point (Pipo) Jalan Metro Tanjung Bunga,  Makassar. Para pencari kerja yang datang memiliki ragam latar pendidikan, mulai dari SMA, SMK, hingga perguruan tinggi.

Ini merupakan kali ketiga Disnaker menggelar bursa kerja dan masih masih mampu menarik animo para pencari kerja.

1. Pencari kerja diajak ramaikan job fair

Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Meski animo masyarakat cukup tinggi, tapi kegiatan ini hanya berlangsung selama dua hari, yakni Selasa dan Rabu, 19-20 November. Untuk itu, Disnaker Kota Makassar mengajak para pencari kerja di Kota Makassar untuk memanfaatkan semaksimal mungkin acara tersebut sebelum berakhir.

Irwan menekankan, para pencari kerja harus bisa memanfaatkan momen ini untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

"Masukkan lamaran dan CV Anda sebanyak-banyaknya. Jangan hanya 5, Bikin 10 atau 20, kasih masuk semua di perusahaan," kata Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan yang ditemui usai pembukaan job fair tersebut.

Baca Juga: 15 Eks Camat Makassar Pendukung Jokowi Dihukum Nonjob

2. Dikemas dengan konsep berbeda

Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Irwan juga mengatakan, tidak ada perbedaan terlalu signifikan antara job fair ini dengan yang diadakan pada bulan Agustus lalu. Hanya saja, kata Irwan, perbedaan itu ada pada konsep.

Menurut Irwan, pelaksanaan bursa kerja ini sengaja dikemas dengan konsep berbeda. Jika sebelumnya bursa kerja digelar di hotel, kali ini job fair  sengaja digelar di pusat perbelanjaan agar menciptakan suasana lebih nyaman.

"Di sini selain mencari kerja, mereka juga bisa berwisata, berbelanja, bisa makan, pokoknya agak santai di sini. Kemarin kan di hotel jadi kita buka lagi di mal," jelas Irwan.

3. Sebanyak 50 perusahaan menerima surat lamaran dari pencari pekerjaan

Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Sedikitnya, ada 50 perusahaan yang membuka stan dan menerima surat lamaran dari para peserta job fair.  Beberapa perusahaan tersebut antara lain bergerak di bidang telekomunikasi, perbankan, pendidikan, pembiayaan, dan masih banyak lagi.

Sekda Kota Makassar Muhammad Ansar menyebutkan, sebenarnya ada 58 perusahaan yang mendaftar. Sayangnya, 8 perusahaan lain tidak mendapatkan stan. Ansar menilai hal itu sebagai sesuatu yang positif.

"Ini menandakan bahwa bukan cuma pencari kerja yang semangat, tapi para perusahaan juga semangat untuk bertemu pencari kerja. Jadi ini bagus sekali suasananya. Semoga cocok," kata Ansar.

Pencari kerja antusias

Pencari Kerja Padati Job Fair Disnaker MakassarIDN Times/Asrhawi Muin

Sejumlah pencari kerja pun terlihat memadati tiap-tiap stan perusahaan. Mereka mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan ini. 

Syamsi (23) salah satu peserta dalam job fair ini mengaku sangat antusias sebab bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan.  "Sangat membantu sekali yah. Kita bisa bertemu langsung dengan perusahaan. Jadi tidak susah lagi buat datang ke kantornya," katanya.

Baca Juga: UMP Sulsel Naik 8,5 Persen Menjadi Rp3,1 Juta di Tahun 2020

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya