Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah untuk Warga 

Masyarakat diharap manfaatkan lahan agar bernilai ekonomi

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama Kementerian Agraria dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan 3.000 sertifikat tanah untuk rakyat kepada warga dari berbagai kabupaten/kota di Sulsel.

Penyerahan ini digelar di Lapangan Tennis Indoor PT Telkom, Jalan AP Pettarani, Senin (2/12). Sertifikat tersebut diserahkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Agraria dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Himawan Arief Sugoto.

Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah menjelaskan penyerahan ini merupakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan Kementerian ATR/BPN RI. Menurutnya, program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Terima kasih banyak atas program PTLS ini, karena sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kami," kata Nurdin.

1. Nurdin harap masyarakat manfaatkan lahan yang dimiliki

Pemprov Sulsel Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Humas Pemprov Sulsel

Nurdin menyebutkan, penyerahan 3.000 sertifikat bagi masyarakat merupakan hasil komunikasi yang efektif dan intensif antara Pemprov Sulsel dan BPN Sulsel.

Dia berharap seluruh masyarakat yang menerima sertifikat tanah tersebut, agar memanfaatkan lahan yang mereka miliki menjadi lebih produktif dan mampu bernilai ekonomi, khususnya bagi penerima sertifikat yang memiliki usaha.

"Kepada penerima sertifikat tanah yang memiliki usaha, agar memanfaatkan sertifikat ini untuk mengembangkan usaha dengan baik," ungkap Nurdin.

2. Pembagian sertifikat arahan langsung dari Presiden

Pemprov Sulsel Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Humas Pemprov Sulsel

Menurut Nurdin, keberhasilan Kementerian ATR/BPN dalam menjalanakan program ini berkat arahan dan instruksi langsung Presiden Joko Widodo untuk menyelesaikan persoalan yang berkaitan sertifikasi bidang tanah di seluruh Indonesia.

"Harapan Bapak Presiden selesaikan 10 juta sertifikat, tapi Kementerian ATR dan BPN menyelesaikan 11 juta sertikat," lanjut Nurdin.

Baca Juga: DPRD Minta Pemprov Sulsel Tinjau Ulang Rencana Pembelian Helikopter

3. Kementerian ATR/BPN janji selesaikan persoalan tanah

Pemprov Sulsel Serahkan 3.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Humas Pemprov Sulsel

Sementara itu, Sekjen Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengatakan pihaknya terus berupaya menyelesaikan persoalan tanah yang belum selesai, utamanya tanah rakyat.

"Saat ini, kita juga sedang berupaya mendigitalisasi dokumen tanah. Harapannya, seluruh pihak, bisa membantu menyukseskan tujuan kita semua di bidang pertanahan," katanya.

Baca Juga: Anggap Bukan Prioritas, DPRD Tolak Pengadaan Heli Pemprov Sulsel

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You