Wapres Ma'ruf Amin Takziah ke Rumah Duka Rapsel Ali di Makassar

Ma'ruf Amin sampaikan duka cita

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, mendatangi rumah duka politisi sekaligus anggota DPR RI Fraksi Nasdem, Muh Rapsel Ali, pada Senin (10/4/2023). Rapsel Ali merupakan menantu dari Ma'ruf Amin. Dia merupakan suami dari putri ke-empat Ma'ruf Amin yakni Siti Nur Azizah.

Ma'ruf beserta rombongan tiba di rumah duka almarhum Rapsel Ali di Jalan Bonto Mangepe Makassar sekitar pukul 13.18 WITA. Saat tiba, lokasi rumah duka sempat diguyur hujan cukup deras dan cukup berlangsung lama.

Ma'ruf didampingi sang istri, Hj. Wury Ma’ruf Amin. Hadir pula para pejabat dan tokoh, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulsel.

1. Ma'ruf Amin doakan Rapsel Ali

Wapres Ma'ruf Amin Takziah ke Rumah Duka Rapsel Ali di MakassarAnggota DPR RI periode 2019-2024 asal Sulawesi Selatan, Muhammad Rapsel Ali (Facebook/Muhammad Rapsel Ali)

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf mengungkapkan duka cita yang mendalam kepada keluarga almarhum dan memimpin pembacaan tahlil dan doa. Dia pun memanjatkan doa, semoga Allah SWT memberikan tempat terbaik untuk almarhum Muhammad Rapsel Ali di sisi-Nya.

“Mudah-mudahan amal ibadahnya diterima Allah subhanahu wa ta’ala, diampuni segala kesalahan dan kekurangannya, serta diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya,” kata Ma'ruf.

2. Ma'ruf pimpin tahlilan

Wapres Ma'ruf Amin Takziah ke Rumah Duka Rapsel Ali di MakassarSuasana rumah duka Rapsel Ali di Jalan Bonto Mangepe, Makassar, Senin (10/4/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Di rumah duka, Ma'ruf juga memimpin tahlil dan berlangsung dengan khidmat. Suasana haru dan duka dari keluarga pun tampak tidak kontras dengan hujan yang terus mengguyur.

Namun Ma'ruf tidak lama berada di sana sebab masih akan bertolak ke Kalimantan Selatan. Dia beserta rombongan meninggalkan rumah duka sekitar pukul 15.17 WITA.

3. Dimakamkan secara militer

Wapres Ma'ruf Amin Takziah ke Rumah Duka Rapsel Ali di MakassarMendiang Anggota DPR RI Rapsel Ali dimakamkan lewat upacara militer di Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar, Senin (10/4/2023). (Dok. Istimewa)

Rapsel Ali dimakamkan pada Senin (10/4/2023) di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar sekitar pukul 10.00 WITA. Almarhum dimakamkan dengan prosesi militer. 

Jenazah Rapsel Ali dilepaskan melalui upacara militer. Pelepasan dipimpin oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Kemudian saat di TMP Panaikang, jenazah Rapsel Ali juga dimakamkan setelah proses upacara militer yang dipimpin Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Rapsel Ali merupakan Anggota Komisi VI DPR RI dari fraksi NasDem. Dia meninggal dunia pada Minggu, 9 April 2023, sekitar pukul 09.00 WITA di Rumah Sakit Grestelina, Makassar karena sakit jantung. Sebelumnya, dia tengah menggelar kunjungan ke daerah pemilihannya di Makassar. 

Baca Juga: Rapsel Ali Dimakamkan secara Militer di TMP Panaikang Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya