Tinjau RSUD Sinjai, Jokowi: Dokter Spesialisnya Lebih dari Cukup

Jokowi kerap jumpai daerah kekurangan dokter spesialis

Intinya Sih...

  • Jokowi memuji pelayanan kesehatan dan kondisi RSUD Sinjai, Sulawesi Selatan.
  • Presiden mengapresiasi keberadaan dokter spesialis yang cukup memadai di rumah sakit daerah tersebut.
  • Jokowi mengecek fasilitas medis modern yang telah masuk dan menegaskan kunjungan ini sebagai upaya memastikan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

Makassar, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo, mengapresiasi pelayanan kesehatan di RSUD Sinjai, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Hal ini disampaikannya saat meninjau rumah sakit tersebut, Kamis (4/7/2024).

Dia memuji kondisi rumah sakit tersebut. Selain karena fasilitasnya yang cukup lengkap, tenaga kesehatan khususnya dokter juga cukup memadai.

"Ini rumah sakit daerah yang saya lihat bersih, penataannya baik, dokternya juga lebih dari cukup," ujar Jokowi dalam keterangannya.

1. Jokowi sering menjumpai daerah kekurangan dokter spesialis

Tinjau RSUD Sinjai, Jokowi: Dokter Spesialisnya Lebih dari CukupPresiden Joko Widodo didampingi Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakrulloh, saat memberikan keterangan pers usai meninjau RSUD Sinjai di Kabupaten Sinjai, Kamis (4/7/2024). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Jokowi tidak berekspektasi jumlah dokter spesialis di RSUD Sinjai cukup memadai. Pasalnya, tak jarang di daerah yang dia kunjungi justru kekurangan dokter spesialis.

"Biasanya kalau saya datangi daerah, saya tanya sepesialis jantungnya ada nda? Katanya nda ada pak. Di sini tadi saya menanyakan ke Pak Dirut, ada dua. Bagus. Yang lain 23 spesialis ada. Hebat," kata Jokowi.

2. Jokowi pastikan fasilitas medis sudah masuk

Tinjau RSUD Sinjai, Jokowi: Dokter Spesialisnya Lebih dari CukupPresiden Joko Widodo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengecek fasilitas medis yang telah masuk, termasuk CT-Scan dan X-Ray yang modern. Alat-alat lainnya akan dikirim oleh pemerintah pusat sampai 2026 mendatang.

"Saya juga ngecek kiriman kementrian dan sudah masuk CT-Scan dan X-Ray yang modern," katanya.

3. Ingin pastikan kualitas pelayanan kesehatan

Tinjau RSUD Sinjai, Jokowi: Dokter Spesialisnya Lebih dari CukupPresiden Jokowi meresmikan pembangunan, rehabilitasi, renovasi sarana dan prasarana pendidikan di Kalimantan Tengah (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi menegaskan kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah. Karena itu, dia juga mengecek ruangan untuk fasilitas kesehatan.

"Karena kita juga mengecek persiapan ruangannya. Ruangan udah disiapin atau belum," katanya.

Baca Juga: Skandal Ketua KPU, Jokowi Pastikan Pilkada Serentak Berjalan Jurdil

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya