Sulsel Butuh Tambahan Stok Vaksin Sinovac untuk Anak

Belum semua daerah di Sulsel terima stok vaksin anak

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membutuhkan tambahan vaksin untuk kelompok sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Sejauh ini, baru 8 kabupaten/kota yang menerima stok vaksin.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Penyakit Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin, mengatakan pihaknya agak kewalahan karena vaksin untuk anak usia 6-11 tahun menggunakan vaksin Sinovac. Di sisi lain, vaksin dosis kedua juga menggunakan vaksin Sinovac karena vaksinasi umum sudah telanjur menggunakan jenis vaksin tersebut.

"Jadi saat bersamaan, tentu butuh vaksin Sinovac yang lebih banyak. Inilah yang kita koordinasikan terus dengan Kemenkes. Tetapi sampai hari ini belum masuk stok vaksinnya," kata Husni, via telepon Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Vaksinasi Empat Daerah di Sulsel Belum Capai 70 Persen

1. Semua daerah sudah bisa vaksinasi anak

Sulsel Butuh Tambahan Stok Vaksin Sinovac untuk Anakilustrasi vaksin dan jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Husni mengatakan semua daerah di Sulsel sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Awalnya memang ada persyaratan 70 persen capaian vaksinasi umum dosis satu dan 60 persen lansia. 

"Tapi menyusul surat dari Kemenkes bahwa semua kabupaten kota sudah bisa meski tanpa syarat itu sehingga kita 24 kabupaten/kota sudah melaksanakan vaksin anak, walaupun bervariasi capaiannya," kata Husni.

2. Daerah masih pakai stok vaksin lama

Sulsel Butuh Tambahan Stok Vaksin Sinovac untuk Anakilustrasi vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski semua daerah sudah bisa melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, namun belum semua menerima stok vaksin khusus. Daerah yang telah menerima di antaranya adalah Soppeng, Palopo, Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu, Parepare dan Gowa.

"Tentu stok vaksin anak yang sudah datang, baru 8 kabupaten karena menggunakan Sinovac. Yang lainnya belum tiba stok vaksin. Tentu mereka jalan dengan menggunakan stok vaksin yang ada," kata Husni.

3. Sulsel tunggu kedatangan stok vaksin

Sulsel Butuh Tambahan Stok Vaksin Sinovac untuk Anakilustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Husni mengatakan pihaknya terus menunggu stok vaksin anak dari Kementerian Kesehatan. Dalam waktu dekat, diharapkan ada tambahan stok vaksin Sinovac untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Hanya karena vaksin yang bersamaan, Sinovac yang dibutuhkan. Kita tunggu dua tiga hari inilah, mudah-mudahan sudah masuk," katanya.

Baca Juga: Sulsel Baru Datangkan Alat Deteksi Varian Omicron 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya