Sudirman Sulaiman Sebut Sulsel Masuk Zona Hijau Penularan COVID-19

Angka kesembuhan COVID-19 di Sulsel mencapai 97,5 persen

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah masuk zona hijau penyebaran COVID-19 berdasar hasil asesmen situasi epidemiologi pandemik tingkat provinsi oleh Kementerian Kesehatan RI.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersyukur wilayahnya bisa menjadi salah satu provinsi yang dinilai masih aman dalam penanganan COVID-19 atau zona hijau. Menurutnya hal itu berkat kerja sama semua pihak.

"Alhamdulillah ini berkat doa kita bersama dan usaha berbagai stakeholder TNI-Polri, kabupaten/kota, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, tenaga kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat bahu-membahu dalam upaya penerapan prokes," kata Sudirman dalam keterangan persnya, Senin (21/6/2021).

1. Angka kesembuhan Sulsel capai 97,5 persen

Sudirman Sulaiman Sebut Sulsel Masuk Zona Hijau Penularan COVID-19Ilustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Hasil asesmen situasi epidemiologi per tanggal 19 Juni 2021 menyebutkan satu provinsi dengan zona merah, 24 provinsi zona oranye dan 9 provinsi zona hijau. Sulsel masuk salah satu zona hijau.

Penetapan zona hijau itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI melalui asesmen yang direkomendasikan WHO yaitu epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan.

Kondisi pandemik COVID-19 di Sulsel per 20 Juni 2021 juga masih menunjukkan angka kesembuhan sebesar 97,5 persen dan angka kematian 1,5 persen. 

2. Masyarakat tetap diminta patuhi prokes

Sudirman Sulaiman Sebut Sulsel Masuk Zona Hijau Penularan COVID-19Ilustrasi mencuci tangan (IDN Times/Saifullah)

Sudirman berharap, kondisi zona hijau ini tetap bisa dipertahankan dengan kerja sama semua pihak. Pasalnya, kata dia, perekonomian harus tetap berjalan sementara di sisi lain masyarakat juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Harus jalan berbarengan, karena ini menyangkut hidup orang banyak. Jadi tetap beraktivitas untuk kegiatan ekonomi sembari menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Bansos COVID-19 Makassar Belum Tuntas, Gimana Nih Polda Sulsel?

3. Sudirman minta masyarakat menjaga imunitas

Sudirman Sulaiman Sebut Sulsel Masuk Zona Hijau Penularan COVID-19Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Dalam penanganan pandemik COVID-19, Pemprov Sulsel juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM skala mikro. Meski begitu, Sudirman meminta masyarakat tetap memperhatikan kondisi imun masing-masing.

"Paling penting, bagaimana masyarakat harus memperbaiki imun tubuh dengan menjaga asupan gizi dengan makanan yang sehat dan minum vitamin, serta senantiasa berdoa agar keseharian kita dijaga oleh Allah SWT," katanya.

Baca Juga: Jumlah Zona Oranye COVID-19 di Sulsel Meningkat, Prokes Jangan Kendor!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya