Comscore Tracker

Sempat Disegel karena COVID-19, Proyek Apartemen di Makassar Dilanjut

Pekerja proyek apartemen di Makassar positif COVID-19

Makassar, IDN Times - Proyek pembangunan apartemen Sudirman 31 di Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan, dilanjutkan. Lokasi proyek tersebut sempat disegel usai sejumlah pekerja terkonfirmasi positif COVID-19.

Master COVID-19 Kota Makassar di Kecamatan Ujung Pandang, Andi Patiware, menjelaskan lokasi proyek dibuka kembali sejak hari Selasa, 15 Juni 2021 lalu. Keputusan itu diambil berdasarkan kesepakatan dari berbagai pihak.

"Sejak Selasa sudah dibuka dengan kesepakatan tripika serta Puskesmas," ujarnya, Jumat (18/6/2021).

1. Mayoritas pekerja yang sempat terpapar sudah sembuh

Sempat Disegel karena COVID-19, Proyek Apartemen di Makassar DilanjutLokasi proyek pembangunan apartemen mewah di Makassar yang disegel petugas. IDN Times/Sahrul Ramadan

Menurut Patiware, ada beberapa hal juga yang menjadi pertimbangan sehingga kontraktor dibolehkan melanjutkan pengerjaan proyek. Salah satunya karena perusahaan dan kontraktor dinilai kooperatif selama penanganan COVID-19. 

"Alasannya karena kita melihat dari sikap dari perusahaan maupun kontraktor sudah sangat kooperatif. Apa-apa yang diwajibkan buat mereka sudah dilaksanakan," katanya.

Kemudian, jumlah pekerja yang sempat terpapar COVID-19 juga semakin banyak yang sembuh. Selama ini mereka sudah ditangani di rumah sakit dan ada pula yang menjalani isolasi mandiri.

"Karena kesembuhan yang positif ini sudah signifikan. Update terakhir, sisa 31 yang positif. Sekarang yang positif tidak ada lagi," katanya.

2. Lokasi proyek ditutup 11 hari

Sempat Disegel karena COVID-19, Proyek Apartemen di Makassar DilanjutProyek pembangunan apartemen di Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sulawesi Selatan/Istimewa

Lokasi tersebut ditutup selama 11 hari lantaran puluhan pekerjanya terkonfirmasi positif COVID-19. Demi mencegah penyebaran lebih jauh, pemerintah langsung menutup dan menyegel sementara lokasi tersebut sehingga tidak ada lagi aktivitas.

Saat ini, aktivitas di lokasi proyek pembangunan apartemen tersebut kini berjalan normal. Sejumlah alat berat juga mulai dioperasikan kembali.

"Kita sudah sterilkan di sana," kata Patiware.

Baca Juga: Danny Khawatir Muncul Klaster COVID-19 Pekerja Apartemen di Makassar

3. Kasus pekerja proyek apartemen penyumbang lonjakan COVID-19 di Makassar

Sempat Disegel karena COVID-19, Proyek Apartemen di Makassar DilanjutIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, kasus infeksi COVID-19 di lokasi proyek apartemen Sudirman 31 itu sempat menjadi penyumbang terbesar dalam lonjakan kasus di Makassar. Kasus pada proyek itu bermula dari pekerja asal Jawa Tengah yang positif.

Setelah itu, Satgas langsung menggelar tes swab kepada ratusan pekerja lainnya. Hasilnya, sudah lebih dari 100 orang dinyatakan positif.

"Minggu ini karena ada penularan di kalangan pekerja konstruksi," kata Epidemiolog Universitas Hasanuddin Ansariadi.

Baca Juga: 100 Pekerja Proyek Apartemen di Makassar Positif COVID-19, Waspada!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya