Comscore Tracker

Promo Pertalite Seharga Premium di Makassar, Berlaku di 34 SPBU ini

Bagian dari program Langit Biru PT Pertamina

Makassar, IDN Times - Pertamina resmi menghadirkan promo spesial BBM jenis Pertalite dengan harga setara Premium di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Setidaknya ada 34 SPBU yang melayani konsumen dengan promo tersebut mulai hari ini, Minggu (21/3/2021).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, mengatakan promo tersebut merupakan bagian dari program Langit Biru. 

Program ini bertujuan untuk mengedukasi dan promosi sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Permen KLHK Nomor 20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang. 

"Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan di sektor transportasi melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan," kata Laode, Minggu.

1. Daftar SPBU yang jual Pertalite seharga Premium

Promo Pertalite Seharga Premium di Makassar, Berlaku di 34 SPBU iniIlustrasi isi BBM di SPBU (Dok. IDN Times)

Pertalite yang dijual seharga Premium itu tidak berlaku di seluruh SPBU di Kota Makassar. Pertalite harga khusus tersebut hanya berlaku di 34 SPBU yang telah ditunjuk secara resmi.

SPBU itu adalah SPBU COCO Tallo, SPBU COCO Perintis, SPBU CODO Perintis Kemerdekaan, SPBU Pettarani Timur, SPBU Ujung Tinumbu, SPBU Veteran Selatan, SPBU St. Hasanuddin, dan SPBU KS Tubun.
 
Selanjutnya, SPBU PUSKOPOLDA-XIV, SPBU Ratulangi Makassar, SPBU Sungai Saddang, SPBU Hertasning, SPBU Alauddin (BPH), SPBU Sudiang, SPBU Gunung Sari, SPBU Tallo, SPBU PUSKOPAD " A" DAM-VII, SPBU Sutami, SPBU Dg. Tata.

Kemudian, SPBU Depan UNHAS, SPBU Pengayoman, SPBU Toddopuli, SPBU Antang, SPBU Toll Bandara, SPBU Pettarani Utara, SPBU Panaikang, SPBU Paccerakang, SPBU Tamangapa, SPBU Bawakaraeng, SPBU Perintis Kemerdekaan, SPBU Arupala, SPBU Pettarani Selatan, SPBU Tamalanrea, dan SPBU Talasalapang.

2. Promo hanya untuk kendaraan tertentu

Promo Pertalite Seharga Premium di Makassar, Berlaku di 34 SPBU iniFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Syarifuddin menyebutkan promo ini hanya berlaku untuk kendaraan tertentu. Di antaranya kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, mobil berplat kuning seperti angkutan umum kota (pete-pete) dan taksi. Harga khusus untuk pembelian Pertalite seharga Premium yakni Rp6.450 per liter lebih hemat Rp1.400 dari harga normal. 

BBM yang lebih berkualitas, kata Syarifuddin, akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. 

Karena itu, Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98. 

"Program ini kami laksanakan secara bertahap. Kami juga sudah laporkan ke Gubernur Sulawesi Selatan dan Wali Kota Makassar dan beliau berdua mendukung untuk mendorong konsumsi Bahan Bakar Ramah Lingkungan sekelas minimal Pertalite oleh masyarakat menyusul kota-kota besar lainnya di Sulawesi dan Indonesia.

3. Pertamina ajak masyarakat beralih ke bahan bakar berkualitas

Promo Pertalite Seharga Premium di Makassar, Berlaku di 34 SPBU iniIlustrasi mengisi BBM. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Melalui program Langit Biru dan promo Pertalite seharga Premium, Pertamina mengajak masyarakat Kota Makassar beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas agar mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga.

Selain itu, bahan bakar berkualitas seperti BBM jenis Pertalite RON 90 dianggap tepat untuk menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah. 

BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, mobil-mobil keluaran 2000-an juga sudah disyaratkan untuk menggunakan BBM sekelas Pertalite.

Untuk itu, hadirnya program tersebut dianggap sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan udara lebih bersih dan sehat. Syafira menyebutkan, di daerah lain seperti Jawa, Madura, Bali, Manado, Gorontalo, dan Kendari, hanya 2 atau 3 saja yang menyediakan Premium.

“Saatnya masyarakat Makassar beralih menggunakan bahan bakar berkualitas agar udara lebih bersih dan sehat juga” tambahnya.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Hadirkan Promo Pelumas Pertamina Fastron

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya