Pilkada Makassar 2020, Tim Appi Target 5 Partai Politik Pengusung

Optimistis melebihi syarat minimal usungan

Makassar, IDN Times - Langkah Munafri Arifuddin atau Appi untuk berlaga di Pilkada Makassar 2020 terlihat melempem. Pasalnya, sejauh ini Appi belum mengumumkan partai mana saja yang telah memberikan rekomendasi kepadanya.

Hal ini tentu berbeda dengan kandidat lainnya yang secara terang-terangan telah mengumumkan partai yang telah mengusungnya. Appi pun disebut sebagai satu-satunya kandidat yang belum mendapatkan rekomendasi parpol.

Juru Bicara Appi, Muhammad Fadli Noor, mengaku timnya terus merampungkan finalisasi rekomendasi partai politik. Mereka terus bergerilya membangun komunikasi politik secara intens pada semua parpol yang menjadi target untuk menjadi partai pengusung. 

"Insya Allah, Appi akan maju dengan dukungan koalisi parpol yang melebihi syarat minimal usungan," kata Fadli Noor saat dihubungi IDN Times, Senin (6/7/2020).

1. Ada 5 parpol yang menjadi target tim Appi

Pilkada Makassar 2020, Tim Appi Target 5 Partai Politik Pengusung(Ilustrasi logo Partai Demokrat) Screen shot Youtube

Fadli menyebutkan ada 5 parpol yang menjadi target pengusung untuk Appi yang rencananya akan berpasangan dengan Abdul Rahman Bando. Kelima partai itu adalah partai Berkarya, Perindo, Hanura, PPP, dan Demokrat.

Kelima partai itu diketahui belum menentukan arah dukungannya dalam Pilkada Makassar nanti. Fadli mengatakan kelima partai ini juga belum ada yang memberikan rekomendasi.

"Belum, kami menyesuaikan dengan skedul dan teknis penyampaian rekomendasi oleh seluruh parpol tersebut," katanya.

2. Tim Appi sudah gencar melakukan sosialisasi sejak tahun lalu

Pilkada Makassar 2020, Tim Appi Target 5 Partai Politik PengusungJubir tim Appi Muhammad Fadli Noor/Dok. IDN Times/Istimewa

Dalam perhelatan Pilkada Makassar ini, para kandidat mulai unjuk diri masing-masing. Pasangan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdy bahkan sudah mulai menebar alat peraga hampir di semua titik Kota Makassar.

Tak mau ketinggalan, pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda baru saja meresmikan pressroom mereka dan memperkenalkan juru bicaranya yang berjumlah enam orang. Sementara Irman Yasin Limpo yang digadang-gadang akan dipasangkan dengan Andi Zunnun Halid masih enggan bicara banyak.

Untuk tim Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, Fadli mengaku timnya sudah bergerak sejak tahun lalu. Beragam soft campaign telah mereka lakukan, di antaranya pertemuan dengan sekitar 5.000 ketua RT/RW se-Makassar di CCC serta silaturahmi bersama 3.000 tokoh masyarakat di Menara Bosowa.

Struktur tim, diakui Fadli, juga sudah padu hingga ke basis. Bahkan di awal pandemik, mereka melakukan pembagian 50.000 masker dan penyemprotan disinfektan di 10.000 titik fasilitas publik.

"Kegiatan-kegiatan tersebut yang membuat elektoral Appi hingga kini terus melejit memepet Danny berdasarkan survey beberapa lembaga riset," klaim Fadli.

Baca Juga: Maju di Pilkada Makassar, Appi Bilang Ogah Jadi 02

3. Manfaatkan virtual meeting di tengah pandemik COVID-19

Pilkada Makassar 2020, Tim Appi Target 5 Partai Politik PengusungIlustrasi media sosial (Sukma Shakti/IDN Times)

Situasi pandemik COVID-19 yang membatasi kegiatan sosial masyarakat juga dianggap Fadli tidak menghalangi timnya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Untuk menyiasatinya, maka kebanyakan kegiatan dilakukan secara virtual.

"Untuk koordinasi relawan, kami menggunakan virtual meeting dan untuk kampanye program kami menggencarkan melalui media sosial," kata Fadli.

Selain itu, Fadli juga menegaskan bahwa Appi sudah sepakat untuk sepaket dengan Abdul Rahman Bando. Karena Rahman dinilai sebagai seorang birokrat senior dengan segudang prestasi. 

"Ini diyakini akan mampu mendampingi Pak Appi untuk membangun Makassar jauh lebih baik lagi," katanya.

Baca Juga: Diisukan jadi Wakil Appi di Pilkada Makassar, Birokrat Ini Siap Mundur

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya