Perusahaan Asal Belgia Tertarik Investasi di Makassar New Port

Pihak Port of Antwerp Bruges International kunjungi Makassar

Makassar, IDN Times - Perusahaan asal Belgia yaitu Port of Antwerp Bruges International sedang menjajaki peluang investasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal itu diketahui saat perwakilan perusahaan tersebut berkunjung ke kediaman Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, Jumat (5/8/2022).

Manager Port Project Port of Antwerp Bruges International, Koen Cornily, mengatakan Makassar memiliki potensi untuk menghidupkan ekosistem industri yang lebih besar di sekitar Makassar New Port (MNP). Karena itu, dia menyampaikan niatnya untuk mengunjungi langsung MNP dan akan meninjau sekitar kawasan tersebut termasuk Kawasan Industri Makassar (KIMA). 

"Posisi MNP sangat strategis untuk dikembangkan potensi ekosistem industrialnya. Kami tertarik untuk berkunjung ke pelabuhan MNP untuk melihat potensi untuk kepentingan perkembangan industri sekaligus untuk membantu perkembangan masyarakat di sana," kata Koen Cornily.

1. Belgia ingin berinvestasi manajemen pengelolaan air

Perusahaan Asal Belgia Tertarik Investasi di Makassar New PortAktivitas bongkar muat peti kemas di Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/7/2019). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Port of Antwerp Bruges International merupakan perusahaan pengelola pelabuhan terbesar kedua di Eropa. Selain pelabuhan, perusahaan ini juga mengelola terminal melalui konsultasi, solusi manajemen, proyek investasi serta pelatihan.

Melalui kunjungan ini, Koen Cornily menyampaikan bahwa pihaknya ingin berinvestasi terkait manajemen pengelolaan air dan infrastruktur di Makassar. Menurutnya, tawaran ini akan bermanfaat bagi masyarakat.

2. Belgia ingin jajaki kota kembar

Perusahaan Asal Belgia Tertarik Investasi di Makassar New PortSuasana Anjungan Mandar Pantai Losari Makassar pada sore hari. (Instagram.com/dontablojr)

Dari pertemuan itu juga terungkap bahwa Belgia ingin menjajaki Twinning City atau Kota Kembar dengan Makassar. Perusahaan tersebut merasa memiliki kemiripan dengan Makassar sebagai Waterfront City atau kota pesisir yang berada di tengah-tengah wilayah.

Ibaratnya, jika MNP ada di titik tengah Indonesia, maka Port of Antwerp atau Pelabuhan Antwerp ada di titik tengah Benua Eropa.

Head of Indonesia Representative for Aatrios Senior Consultant Port of Antwerp Bruges International, Jakha Asmanto, berharap agar Danny Pomanto juga hadir langsung di Belgia untuk membicarakan rencana tersebut.

"Belgia ingin menjajaki kota kembar dengan Makassar. Untuk itu, Pak Wali Kota diundang ke Belgia untuk bertukar ide maupun gagasan terkait rencana-rencana besar untuk berkembang bersama," ujar Jakha.

Baca Juga: Danny Pomanto Surati Kemenhub soal Desain Rel Kereta Api

3. Makassar punya posisi geografis yang strategis

Perusahaan Asal Belgia Tertarik Investasi di Makassar New PortWarga melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sementara itu, Danny Pomanto menyambut baik tawaran investasi tersebut. Menurutnya, sangat tepat jika perusahaan Belgia itu ingin berinvestasi di Makassar, sebab kota ini unggul dalam hal geografis.

Danny menjelaskan bahwa Makassar merupakan gerbang penghubung bagian barat dan timur Indonesia sehingga posisi geografisnya sangat strategis. Lalu lintas pelayaran dan aktivitas perniagaan via laut di wilayah Makassar juga sangat padat.

"Kota Makassar punya posisi paling bagus di Indonesia, untuk kawasan timur infrastruktur paling bagus di Makassar. Di sinilah titik pusatnya Indonesia. Banyak kapal perusahaan asing lalu lalang melintasi perairan Makassar, termasuk aktifitas ekspor. Belum lagi industri manufaktur kita di KIMA," kata Danny.

"Keunggulan lainnya kita sedang merancang Makassar Incorporated sebagai solusi untuk mempercepat investasi masuk ke Makassar untuk menopang pembangunan kita dan tentunya dukungan masyarakat," lanjutnya.

Baca Juga: Babak Baru Dugaan Korupsi Smart Toilet Makassar, 16 Orang Diperiksa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya