Pasien Positif Corona di RS Wahidin Makassar Dinyatakan Sembuh

Pasien tetap menjalani isolasi mandiri di rumah

Makassar, IDN Times - Seorang pasien positif  virus corona atau COVID-19 dinyatakan sembuh oleh tim medis RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar, Rabu (1/4). Kondisi pasien tersebut dilaporkan telah mengalami perbaikan signifikan sejak kemarin.

Ini merupakan kabar gembira, yang jadi kesembuhan pertama bagi pasien positif corona di Sulawesi Selatan. Hingga hari ini ada 50 orang yang dinyatakan positif.

Kepala Sub Bagian Humas dan Pemasaran RSUP Wahidin Sudirohusodo Dewi Rizki Nurmala membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan bahwa pasien tersebut telah menjalani hasil pemeriksaan swab dua kali berturut-turut dengan hasil yang negatif.

"Tes swabnya diambil, kemudian pemeriksaan fisik juga bagus. Maka disimpulkan oleh tim medis bahwa sudah sembuh," kata Dewi saat dikonfirmasi IDN Times Rabu (1/4).

Baca Juga: ODP dan PDP COVID-19 di Sulsel Bertambah, 5 Pasien Positif Membaik

1. Pasien dinyatakan sembuh setelah dirawat lebih dari sepekan

Pasien Positif Corona di RS Wahidin Makassar Dinyatakan SembuhIlustrasi pasien suspect corona. asia.nikkei.com

Pasien tersebut, kata Dewi, telah menjalani perawatan di RSUP Wahidin Sudirohusodo sejak 24 Maret lalu. Artinya, pasien tersebut dirawat lebih dari sepekan sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.

"Kalau pemeriksaan labnya itu kan diambil dari dua hari lalu. Jadi seharusnya seandainya keluar pada saat itu maka pada saat itu dinyatakan sembuh tetapi karena baru kemarin hasilnya didapat, ya kemarin," katanya.

2. Pasien sudah dibolehkan pulang

Pasien Positif Corona di RS Wahidin Makassar Dinyatakan SembuhIlustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Menurut Dewi, pihak rumah sakit juga telah memberikan penanganan maksimal sebagaimana prosedur yang ditetapkan untuk penanganan kasus COVID-19. Salah satunya dengan memberikan perawatan di ruang isolasi. 

Karena sudah dinyatakan sembuh, maka pasien tersebut pun kini sudah dibolehkan pulang. "Kalau tidak ada halangan, hari ini sudah bisa pulang," dia melanjutkan.

3. Pasien sembuh masih menjalani isolasi mandiri di rumah

Pasien Positif Corona di RS Wahidin Makassar Dinyatakan SembuhIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Meski telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang, namun pasien tersebut harus tetap melakukan isolasi mandiri di rumah. Dia tetap menjalankan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan, rajin mencuci tangan, dan menghindari kontak dengan orang lain.

"Karena kan bisa saja dia ini kembali karena kan di sekitarnya kita belum tahu. Apalagi sekarang untuk Makassar sudah transmisi lokal. Tapi untuk sekarang isolasi mandiri saja, tidak perlu lagi ada pengawasan dari tim medis karena kan sudah sembuh," kata Dewi.

Hingga kini RSUP Wahidin Sudirohusodo tengah merawat 1 pasien orang dalam pemantauan (ODP), 9 orang pasien dalam pengawasan (PDP), dan 5 orang pasien positif, termasuk pasien yang sembuh tersebut.

Baca Juga: Pemprov Anggarkan Rp500 Miliar untuk Penanganan Virus Corona di Sulsel

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya