Comscore Tracker

Pemkot Makassar Agendakan Revitalisasi Lapangan Karebosi

Karebosi butuh perbaikan karena dianggap kurang pemeliharaan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar bakal merevitalisasi Lapangan Karebosi. Pasalnya, kondisi lapangan yang jadi salah satu ikon Kota Makassar tersebut dinilai kurang terawat.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar Husni Mubarak mengatakan, Karebosi perlu pembenahan di beberapa bagian. Utamanya pada bagian sarana olahraga yang biasa dimanfaatkan masyarakat.

"Salah satu ikon kota Makassar di Karebosi. Saat ini kurang pemeliharaan mulai dari lapangan sepakbolanya, jogging track, segala macam. Kita perlu benahi semua itu," kata Husni saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Dari Karebosi ke Losari, Nostalgia Suasana Makassar 40 Tahun yang Lalu

1. Kondisi Lapangan Karebosi mulai tidak elok

Pemkot Makassar Agendakan Revitalisasi Lapangan KarebosiKondisi Lapangan Karebosi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Lapangan Karebosi merupakan salah satu landmark atau ikon Kota Makassar. Lokasinya berada di pusat Kota Makassar, tepatnya di Jalan Ahmad Yani. Lapangan ini memiliki luas sekitar 11,29 hektar atau setara 1123.900 meter persegi.

Namun kondisinya kini kurang elok. Dari pantauan IDN Times, rumput di lapangan yang bisa digunakan untuk olahraga sepak bola terlihat belang. Tidak semua bagian lapangan tertutupi rumput.

Beberapa gawang juga tampak robek pada bagian jala dan berkarat di bagian mistar. Meski begitu, anak-anak tetap menggunakan sebagai tempat bermain bola.

Selain lapangan, Karebosi juga dilengkapi jogging track dan sejumlah arena bermain anak. Namun jogging track terlihat berlumut di beberapa sisi dan arena bermain anak juga terlihat berkarat.

2. Fasilitas olahraga bakal ditambah

Pemkot Makassar Agendakan Revitalisasi Lapangan KarebosiKondisi Lapangan Karebosi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Melihat kondisi tersebut, Pemkot akan menambah fasilitas olahraga yang lebih memadai, sementara fasilitas yang rusak akan diperbaiki. Lapangan akan dibuatkan rumput sintetis dan fasilitas jogging track akan dibuat lebih bagus lagi dari bahan beton.

Bagian tribun lapangan akan difungsikan sebagai pusat pelatihan olahraga bela diri. Seperti kempo, karate, judo, dan pencak silat.

Husni mengatakan revitalisasi tersebut akan membuat lapangan semakin menarik dikunjungi. Hal itu mengingat bahwa minat masyarakat untuk berolahraga di masa pandemik COVID-19 semakin tinggi.

"Revitalisasi untuk bagaimana di masa pandemik ini, orang-orang sudah bisa giat untuk olahraga. Minat olahraga lebih bagus lagi. Kalau lapangan bagus, sarana olahraga bagus, pasti kan nyaman juga ke Karebosi," kata Husni.

3. Pemkot siapkan anggaran Rp18 miliar

Pemkot Makassar Agendakan Revitalisasi Lapangan KarebosiKondisi Lapangan Karebosi di Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan revitalisasi tersebut rencananya dimulai pada 2022. Anggarannya sudah disiapkan senilai Rp18 miliar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

"Termasuk Kanrerong saya revisi semua, karena itu sudah hancur. Jadi permanen nanti. Langsung bangunan ROW (right on way) yang membujur, baru kita kasih bagus semua," kata Danny, Kamis (2/12/2021).

Dia mengaku akan menambah fasilitas kebugaran (fitness), namun tidak dalam bentuk bangunan, melainkan di bawah tanah.

"Ada di samping itu dekat perbatasan lapangan tennis, itu. Tetap di atas lapangan rumput, tapi di bawahnya juga ada loker untuk simpan barang-barang," kata Danny.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya