Pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Ada Atraksi Pesawat Bonanza-Sukhoi

MNEK 2023 Makassar diikuti angkatan laut dari 36 negara

Makassar, IDN Times - Pembukaan latihan gabungan nontempur, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Dermaga Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/6/2023), berlangsung meriah. Peserta yang hadir dari 36 negara disuguhi sejumlah pertunjukan.

Pembukaan MNEK ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono, didampingi KSAL Laksamana Muhammad Ali, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

MNEK 2023 mengusung tema Partnership To Recover And To Rise Stronger. Rangkaian kegiatan ini rencananya berlangsung dari 5-8 Juni 2023.

1. Dimeriahkan 500 penari anak-anak

Pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Ada Atraksi Pesawat Bonanza-SukhoiPara anak penari memeriahkan pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (5/6/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Acara tersebut dibuka dengan tarian kolosal yang dibawakan oleh ratusan pelajar SD dan SMP. Ada 500 penari kolosal yang dipersembahkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Para penari ini membawakan tarian khas Sulawesi Selatan, seperti tari Pakkarena dan Gandrang Bulo. Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, mengatakan para penari sangat mempersiapkan pertunjukannya.

"Mereka memperlihatkan kepada tamu MNEK. Kita latihan beberapa hari. Ini kegiatan dunia, tentu bukan hanya Makassar yang lihat," kata Muhyiddin.

2. Diwarnai atraksi pesawat dan penerjun payung

Pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Ada Atraksi Pesawat Bonanza-SukhoiAtraksi penerjun payung di pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/6/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Pertunjukan dilanjutkan dengan demonstrasi pesawat tempur AL. Beberapa kali terlihat pesawat jenis Sukhoi beratraksi sambil bermanuver di udara. Saat bermanuver, sesekali terlihat pesawat mengeluarkan kembang api.

Kemudian ada atraksi penerjun payung. Para penerjun payung ini menampilkan atraksinya sehingga memukau semua pengunjung di dermaga Soekarno Hatta. Beberapa penerjun payung membentangkan bendera Merah Putih di langit Kota Makassar.

Selain itu, ada juga pertunjukan drumband dari taruna TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: Ini Ruas Jalan yang Ditutup saat MNEK 2023 di Makassar

3. Memperkuat kerja sama

Pembukaan MNEK 2023 di Makassar, Ada Atraksi Pesawat Bonanza-SukhoiSeremoni pembukaan latihan nontempur MNEK 2023 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/6/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Dalam sambutanya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyambut hangat para peserta dari berbagai negara. Dia pun berharap peserta yang hadir mendapatkan kenangan dan momen yang indah pascaacara.

MNEK, kata dia, bukan perang tetapi fokus pada penguatan dan kerja sama di area regional juga perihal penanganan-penanggulangan kebencanaan.

"MNEK main output (tujuan utama) ialah memperkuat brotherhood (persaudaraan) di antara para peserta," katanya.

Baca Juga: Angkatan Laut 36 Negara Meriahkan MNEK 2023 di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya