Comscore Tracker

Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Dilanjut, Dianggarkan Rp45 Miliar

Pengerjaan bagian menara dan pelataran masjid 99 Kubah

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel)  memastikan proyek pembangunan Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar terus berlanjut. Meskipun masjid tersebut telah dimanfaatkan beribadah sejak bulan Maret 2022 lalu.

Untuk merampungkan pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar, Pemprov Sulsel telah menyiapkan anggaran sebesar Rp45 miliar. Saat ini, pembangunan masjid tersebut masih terus dikerjakan.

"Alhamdulillah Rp45 miliar lagi anggaran untuk Masjid Kubah 99 Asmaul Husna sedang dalam progres pengerjaan. Ini berlanjut termasuk menara besar dan 16 menara lingkar, pelayaran dan lain-lainnya," kata Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Minggu (11/9/2022).

1. Pembangunan disesuaikan kemampuan anggaran

Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Dilanjut, Dianggarkan Rp45 MiliarMasjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Irwan Idris

Sudirman menyebutkan bahwa sebelumnya pengerjaan masjid itu mengejar konstruksi pada pagu sebesar Rp23,5 miliar. Maka untuk tahapan penyelesaian tahun ini, pengerjaan konstruksi sesuai pagu Rp45 miliar.

Menurut Sudirman, pembangunan di tengah situasi pandemik COVID-19 ini harus memperhatikan durasi, kemampuan anggaran dan fungsionalnya kepada masyarakat.

"Hal ini dilakukan karena kemampuan keuangan baik pusat maupun daerah tidak berjalan sebagai mana normalnya sehingga membutuhkan kesabaran dalam perimbangan pembangunan," lanjutnya.

2. Masjid telah dibuka untuk masyarakat

Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Dilanjut, Dianggarkan Rp45 MiliarMasjid Kubah 99 Asmaul Husna di CPI Makassar sudah mulai digunakan. (Dok. Humas Sulsel)

Meski dalam tahap pembangunan, Masjid Kubah 99 Asmaul Husna tetap digunakan masyarakat untuk melaksanakan ibadah bagi umat Muslim. Masjid ini mulai dibuka untuk publik sejak Maret 2022 lalu. Pembukaan itu ditandai dengan Salat Duhur berjemaah pada 12 Maret 2022.

Saat itu, Sudirman mengungkapkan bahwa masjid tersebut sebenarnya sudah bisa difungsikan sejak tahun 2021. Namun pemanfaatannya ditunda karena sejumlah persoalan teknis seperti atap bocor karena lama tidak digunakan sejak dibangun.

"Sebenarnya dipaksa-paksa sedikit karena saya juga sudah terlalu lama menunggu. Saya tahu saudara-saudara saya sekalian juga lama menunggu untuk masjid ini dimanfaatkan, sama saya," ujarnya.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Masjid Kubah 99 di Makassar

3. Masjid dibangun sejak tahun 2017

Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Dilanjut, Dianggarkan Rp45 Miliarpotret Masjid Kubah 99 (instagram.com/ahmad_masdar)

Konstruksi tahap awal Masjid Kubah 99 Asmaul Husna ini dimulai sejak tahun 2017 lalu dilanjutkan tahap kedua di tahun 2018. Dua tahun berselang, progres pembangunan masjid ini jalan di tempat lantaran adanya audit atau penyelesaian komponen-komponen pengawasan oleh berbagai pihak.

Selanjutnya, konstruksi tahap III kembali berlangsung di tahun 2021, untuk membenahi dan menyelesaikan semua area fungsional pemanfaatan masjid sebagai tempat ibadah. Termasuk area parkir yang juga bisa dimanfaatkan sebagai asrama santri.

Tahun ini memasuki tahap perampungan pembangunan masjid yang menyisakan 20 persen dari total fisik. Rencananya akan dibangun menara dan 16 kubah, serta jalan lingkar luar masjid sebagai pengerjaan utama di tahun 2022.

Baca Juga: Warga Khusyuk Ibadah Salat Idul Adha di Masjid 99 Kubah Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya