Nurdin Abdullah Janjikan Listrik hingga Ambulans Laut bagi Warga Pulau

Termasuk jaringan telepon hingga fasilitas pendidikan

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin berkunjung ke Pulau Langkai dan Pulau Lanjukang, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Minggu, (2/8/2020). 

Kunjungan ini dilakukan untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada warga setempat. Bantuan itu berupa sembako, masker, dan bibit pohon sukun. Di Pulau Langkai Nurdin membagikan 315 paket sembako dan di Pulau Lanjukang 60 paket sembako.
   
Dalam kunjungan ini, warga setempat pun mengadukan sejumlah hal. Salah satu keluhan itu disampaikan oleh Sartia, warga Pulau Langkai. Sartia mengeluhkan soal sulitnya jaringan telepon.

“Kami sangat butuh jaringan untuk menelpon Pak, itu sangat berguna untuk kami berbicara dengan keluarga yang ada di seberang pulau. Misalnya jika air laut sedang pasang, minimal kita bisa memberi tahu keluarga lewat telepon untuk tidak menyeberang dulu sambil menunggu ombak tidak tinggi," kata Sartia.

1. Nurdin janjikan air bersih, listrik dan jaringan telepon bagi warga pulau

Nurdin Abdullah Janjikan Listrik hingga Ambulans Laut bagi Warga PulauPeresmian spot pengolahan Air Siap Minum (Arsinum) di Pulau Barrang Caddi Makassar, Senin (23/12). IDN Times/Uni Lubis

Menanggapi keluhan warga, Nurdin mengatakan pihaknya saat ini sedang menyiapkan fasilitas penyulingan air bersih yang bisa langsung diminum oleh warga pulau, termasuk bagi warga pulau dengan jumlah 315 kepala keluarga ini. 

Dia menyebut, ketersediaan air bersih merupakan salah satu kebutuhan paling penting. Begitu pula dengan ketersediaan jaringan telepon dan listrik yang tidak kalah pentingnya.

"Listrik dan juga jaringan telepon sedang kita bicarakan bersama PLN dan juga Telkom. Insya Allah semoga dalam waktu tidak lama warga kita sudah bisa menikmati semua fasilitas layanan dasar ini” ujar Nurdin.

2. Masyarakat pulau juga dijanji fasilitas dermaga dan ambulans laut

Nurdin Abdullah Janjikan Listrik hingga Ambulans Laut bagi Warga PulauIlustrasi. IDN Times / Hilmansyah

Selain ketersediaan air bersih, listrik dan jaringan, Nurdin juga mengaku sedang merancang fasilitas dermaga serta angkutan umum Kapal Roro yang berfungsi menghubungkan setiap pulau. Demikian halnya dengan pengadaan ambulans laut yang berfungsi memberi layanan kesehatan untuk seluruh warga pulau.

“Warga kita akan lebih mudah bertemu kerabat yang ada di pulau sebelahnya dengan adanya kapal Roro nanti. Demikian pula keberadaan ambulans laut yang bertugas memberikan layanan kesehatan jika ada warga yang sakit” lanjutnya.

Baca Juga: Alasan Warga Pulau Kodingareng Usir Kapal Penambang Pasir Laut

3. Pj Wali Kota rancang asrama untuk pelajar dari pulau

Nurdin Abdullah Janjikan Listrik hingga Ambulans Laut bagi Warga PulauIlustrasi Sekolah (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin dalam kesempatan ini lebih banyak menyoroti soal pendidikan anak-anak di pulau. Rudy mengakui bahwa warga pulau memang jauh dari pusat kota. Meksi demikian, mereka tetap berhak mendapatkan pelayanan publik, termasuk fasilitas pendidikan.

Makanya dia sengaja datang ke pulau dengan maksud untuk mendekatkan warga yang jauh. Sebab dia tak ingin warga yang jauh akan merasa semakin jauh jika tidak mendapatkan perhatian, termasuk soal pendidikan.

"Di sini anak-anak kita hanya bisa mengakses pendidikan tingkat menengah pertama saja, selebihnya mesti harus ke kota. Kita sedang merancang ketersediaan asrama siswa dan mahasiswa asal pulau demi memastikan anak-anak kita disini bisa terus melanjutkan pendidikannya demi menggapai cita-cita tertinggi yang diimpikannya," kata Rudy.

Baca Juga: BBM Dihentikan, Nelayan Pulau Kodingareng Terancam Tak Melaut 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya