Mobil Dottoro'ta Bisa Langsung ke Rumah Warga, Bagaimana Caranya?

Bisa hubungi 112 atau melalui situs resmi Pemkot Makassar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar kembali meluncurkan armada baru mobil Dottoro'ta. Peluncuran itu berlangsung di anjungan Pantai Losari, Selasa (10/8/2023).

Mobil Dottoro'ta ta ini merupakan bagian dari program Homecare. Program ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Namun tak sedikit masyarakat yang belum mengetahui cara mengakses layanan tersebut. Padahal layanan ini bisa sangat bermanfaat ketika ada warga yang sakit namun tidak mampu pergi ke fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskemas.

1. Bisa hubungi layanan darurat 112

Mobil Dottoro'ta Bisa Langsung ke Rumah Warga, Bagaimana Caranya?Peluncuran armada mobil Dottoro'ta di anjungan Pantai Losari Makassar, Selasa (10/10/2023).IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin, mengatakan untuk mengakses layanan Dottoro'ta, caranya sangat mudah dan murah. Warga tinggal mengakses panggilan melalui layanan call center 112 Pemkot Makassar.

Setelah warga menghubungi nomor darurat 112, maka operator akan langsung meneruskan kepada Puskesmas terdekat dari lokasi warga tersebut. Di Makassar, ada 47 Puskesmas yang siap melayani dengan mobil Dottoro'ta.

"Mereka melakukan panggilan melalui 112, lalu meneruskan ke 47 Puskesmas di mana si pelapor untuk kita kunjungi," kata Nursaidah.

2. Warga juga bisa mengakses melalui situs resmi

Mobil Dottoro'ta Bisa Langsung ke Rumah Warga, Bagaimana Caranya?Ilustrasi masyarakat sedang mengakses situs layanan Dottoro'ta, Selasa (10/10/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Selain itu, Dinkes juga mengembangkan layanan Homecare melalui aplikasi Telemedicine Homecare Dottoro’ta. Layanan ini dapat diakses melalui website resmi Pemerintah Kota Makassar yaitu dottorota.makassarkota.go.id. 

Layanan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi warga yang sakit tapi bisa juga untuk warga yang sehat dan ingin berkonsultasi dengan dokter. Tersedia 4 jenis layanan kesehatan yang dapat diakses melalui website.

Pertama, masyarakat bisa memanggil dokter ke rumah apabila sedang sakit dan tidak memungkinkan memeriksakan diri di rumah sakit. Kedua, warga yang sehat dapat berkonsultasi langsung dengan dokter, sehingga dapat mendeteksi dini penyakit yang mungkin timbul. 

Ketiga, bagi orang yang sehat, aplikasi ini menyediakan layanan pengantaran obat melalui kurir, sehingga memudahkan akses obat yang dibutuhkan. Keempat, masyarakat dapat kondisi darurat kesehatan orang di sekitarnya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Lelang Enam Jabatan Kepala Dinas, Belum Ada Pendaftar

3. Warga Makassar diharapkan lebih melek kesehatan

Mobil Dottoro'ta Bisa Langsung ke Rumah Warga, Bagaimana Caranya?Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Nursaidah Sirajuddin. IDN Times/Istimewa

Nursaidah menjelaskan layanan Homecare ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Bukan hanya kesehatan diri sendiri tapi juga kesehatan warga sekitar.

"Aplikasi ini bagaimana kita semua sama-sama melek kesehatan, menjaga kesehatan karena kalau kesehatan kita tumpuk pada instansi Dinas Kesehatan saja pastinya ada beberapa yang kami tidak bisa back up," kata Nursaidah.

Menurutnya, peduli kesehatan dapat dimulai dari bawah. Dia mengimbau ketika ada warga yang sakit tapi belum tahu harus melapor ke mana, maka warga yang tahu caranya diharapkan melaporkan ke pihak terkait.

"Kalau ada tetangga DBD tapi dia belum tahu bahwa ada pelaporan seperti ini, kita bantu. Intinya yang melaporkan adalah yang masuk dalam aplikasi," katanya.

Baca Juga: Makassar Punya Armada Baru Mobil Dottoro'ta, Diklaim Lebih Canggih

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya