Comscore Tracker

Mengenal Bendungan Karalloe di Sulsel yang Bakal Diresmikan Jokowi

Menyuplai 7.004 hektare lahan pertanian

Makassar, IDN Times - Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo dijadwalkan akan meresmikan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa 23 November 2021. Bendungan ini masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

Bendungan Karalloe secara administrasi terletak di Desa Taring, Kecamatan Biring Bulu dan Desa Garing Kecamatan Tompo Bulu, Kabupaten Gowa. Lokasi Bendungan Karalloe berada sejauh 137 km di sebelah tenggara Kota Makassar. 

Bendungan Karalloe berada di perbatasan Kabupaten Gowa dan Jeneponto. Maka dari itu, bendungan ini juga akan mengairi sawah di Desa Kelara, Kabupaten Jeneponto.

1. Mengairi 7.004 hektare sawah

Mengenal Bendungan Karalloe di Sulsel yang Bakal Diresmikan JokowiIlustrasi sawah. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bendungan Karalloe mulai dibangun pada 18 Desember 2013. Fisik bendungan ini dikerjakan oleh PT Nindya Karya dan dibiayai APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Sumber Daya Air Balai Besar Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ).

Bendungan tersebut dibangun dengan sasaran pembangunan untuk meningkatkan cadangan air, peningkatan luas tanam dan dari 4.000 hektar menjadi 7.004 hektar sawah. Meningkatkan intensitas tanam padi dan palawija dari 150 persen menjadi 250 persen dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Bendungan Karalloe akan mengiri daerah Kelara dan Karalloe seluas 7.004 hektar. Bendungan ini juga akan meningkatkan ketersediaan air baku sebesar 440 liter per detik, mengendalikan banjir di Sungai Karalloe kurang lebih 4,5 mega watt. Bermanfaat pula untuk perikanan air tawar dan akan menjadi destinasi wisata baru.

2. Meningkatkan produk pangan

Mengenal Bendungan Karalloe di Sulsel yang Bakal Diresmikan JokowiIlustrasi pembibitan padi. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan beroperasinya Bendungan Karalloe akan meningkatkan produksi pangan bagi daerah-daerah yang memang selama ini menjadi salah satu daerah hujan.

"Selain dengan sawah-sawah yang ada tersebut, tentu produksi yang sudah dialiri tentu akan lebih dipenuhi lagi dan airnya tidak lagi bergantung pada daerah-daerah yang pengairannya selain di Karalloe, mungkin menjadi sebagai penyuplai tambahan," kata Darmawan.

Baca Juga: PUPR Rampungkan Pembangunan 4 Bendungan, Satu di Sulsel

3. Membantu penyediaan listrik bagi masyarakat

Mengenal Bendungan Karalloe di Sulsel yang Bakal Diresmikan JokowiIlustrasi pembangkit listrik tenaga air. IDN Times/Dhana Kencana

Darmawan mengatakan Bendungan Karalloe juga mempunyai kapasitas penyedia listrik untuk masyarakat sekitar. Meskipun tidak terlalu besar tapi setidaknya dapat membantu penyediaan listrik di daerah sekitar bendungan tersebut.

"Dengan adanya bendungan ini, maka air tanah di sekitar bendungan tentu akan meningkat akan lebih memudahkan penyediaan air lagi tidak hanya di area penyedia air," katanya.

Baca Juga: Jokowi Direncanakan Resmikan Bendungan Karalloe di Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya