Comscore Tracker

Melihat Aktivitas Abdul Hayat sebagai Plh Gubernur Sulsel

Sekda menggantikan tugas Gubernur yang naik haji

Makassar, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani, kini bertugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur. Dia bertugas selama Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Sudirman direncanakan berada di sana kurang lebih dua pekan. Selama itu pula, tugas dan tanggung jawab Sudirman akan diambil alih oleh Abdul Hayat. Karena itu Pemprov Sulsel memastikan pemerintahan tetap berjalan normal. 

"Aktivitasnya berjalan seperti biasa. Pak Gubernur melaksanakan cuti ibadah haji secara ex officio maka Pak Sekda menjadi Plh Gubernur," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sulsel Andi Winarno Eka Putra, ketika dihubungi IDN Times, Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: Andi Sudirman Berangkat Haji, Sekda Pimpin Pemprov Sulsel

1. Abdul Hayat sambut kedatangan Menteri ATR/BPN

Melihat Aktivitas Abdul Hayat sebagai Plh Gubernur SulselSekretaris Daerah Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani (kiri) menyalami Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto (kanan) di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (30/6/2022). IDN Times/Istimewa

Sudirman terakhir berkantor pada Senin 27 Juni 2022 lalu. Keesokan harinya, Selasa 28 Juni 2022, dia tidak lagi memiliki agenda pemerintahan seperti biasanya karena sudah berangkat ke Jakarta.

Abdul Hayat pun resmi bertugas sebagai Plh. Pada Kamis 30 Juni 2022 kemarin, Abdul Hayat menerima langsung kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel.

"Jadi untuk kegiatan Pak Sekda selama Bapak Gubernur melaksanakan ibadah haji, beliau menerima Pak Menteri ATR dengan berbagai penyesuaian dengan administrasi lainnya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Amson Padolo.

2. Kantor gubernur terlihat sepi

Melihat Aktivitas Abdul Hayat sebagai Plh Gubernur SulselIlustrasi suasana di lobi Kantor Gubernur Sulsel. IDN Times/Asrhawi Muin

Abdul Hayat akan menjalankan tugasnya sebagai Plh hingga Sudirman kembali berkantor. Selama tiga hari belakangan ini, kantor Gubernur Sulsel memang terlihat sepi, namun menurut Amson itu bukan karena Sekda tidak berkantor atau bertugas.

Amson menyebut bahwa Abdul Hayat sebenarnya telah bertugas sejak hari pertama Sudirman cuti. 

"Mungkin lupa dishare tapi ada agendanya. Tapi yang terpenting kegiatan rutin gubernur dijalankan sekda selama gubernur menunaikan ibadah haji," kata Amson.

3. Sekda ditunjuk Plh karena tidak ada wagub

Melihat Aktivitas Abdul Hayat sebagai Plh Gubernur SulselGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

Sudirman telah mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan ibadah haji. Kepala Bidang Humas Pemprov Sulsel, Sultan Rakib, sebelumnya mengatakan Sekda ditunjuk sebagai Plh karena Gubernur Sulsel tidak memiliki wakil gubernur.

"Karena tidak ada Pak Wagub, maka Pak Sekda yang mengerjakan selama Pak Andi Sudirman Sulaiman menunaikan ibadah haji," katanya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Berangkat Haji Lewat Embarkasi Jakarta

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya