Masjid di Barukang Makassar Ditutup Sementara usai Kubah Roboh

Wali Kota perintahkan uji konstruksi bangunan masjid

Makassar, IDN Times - Masjid Ittifaqul Jamaah di Jalan Barukang ditutup sementara usai kubah roboh menimpah belasan orang, Minggu malam (27/3/2023). Wali Kota menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum menguji konstruksi bangunan masjid.

"Demi keamanan masyarakat kita tutup dulu sementara masjidnya, tim struktur datang untuk menyelidiki kelaikan bangunannya," kata Danny Pomanto dalam keterangannya yang dikutip, Senin (27/3/2023).

Baca Juga: Penyebab Kubah Masjid di Makassar Ambruk: Bangunan Sudah Tua

1. Jemaah masjid dibuatkan tenda darurat

Masjid di Barukang Makassar Ditutup Sementara usai Kubah RobohWali Kota Makassar Danny Pomanto. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sembari menunggu uji konstruksi masjid, jemaah tetap bisa beribadah, termasuk salat tarawih. Danny Pomanto meminta pemerintah kecamatan segera membuat tenda darurat yang bisa dipakai jemaah sementara.

"Jadi ibadah tetap jalan," ucap Danny.

2. Pemkot tanggung biaya perawatan korban

Masjid di Barukang Makassar Ditutup Sementara usai Kubah RobohDanny Pomanto menjenguk salah satu korban robohnya kubah masjid di Makassar. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Kubah masjid roboh usai salat isya berjemaah. Insiden nahas itu mengakibatkan 12 korban terluka tertimpa reruntuhan. Sepuluh korban dilarikan ke RSAL Jala Ammari, dan masing-masing satu korban di RS Akademis Jaury Jusuf dan PKM Pattingalloang.

Danny Pomanto juga mengunjungi para korban di tiga rumah sakit. Ia memberikan dukungan moril dan berjanji akan menanggung biaya pengobatan para korban.

"Semua pembiayaan pemerintah kota yang tanggung," katanya.

3. Dinas PU mengecek uji kelaikan bangunan masjid

Sekretaris Dinas PU Makassar Denny Hidayat menyatakan telah mendapatkan instruksi langsung dari Wali Kota Danny Pomanto untuk uji kontruksi bangunan masjid Ittifaqul Jamaah. Denny Hidayat menerangkan, tim Dinas PU akan meneliti struktur bangunan untuk melihat kelaikan masjid, sebab dikhawatirkan robohnya kubah berdampak pada struktur bangunan lainnya.

"Kalau ada (dampak struktur ke bangunan lain) harus ada peringatan untuk masyarakat atas penggunaan masjid selanjutnya. Jadi besok kita uji supaya tidak ada dampak yang lebih besar terhadap masyarakat," ucap Denny.

Baca Juga: Kubah Masjid di Makassar Ambruk saat Warga Tarawih, 12 Orang Terluka

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya