Makna Nomor Urut bagi 4 Paslon Pilkada Makassar, Hoki hingga Filosofis

Mulai bermakna kemenangan hingga filosofi Bugis Makassar

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melakukan pengundian nomor urut empat pasangan calon yang mengikuti Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar 2020. Pengundian nomor urut bertempat di Hotel Harper, Kamis (24/9/2020).

Hanya 8 orang anggota tim dari setiap paslon yang dapat masuk ke dalam ruangan rapat pleno. Hal ini demi menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Adapun hasil pengundian nomor urut paslon di Pilwali Makassar 2020 adalah nomor urut 1 untuk Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama), nomor urut 2 untuk Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman), nomor urut 3 untuk Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan), dan nomor urut 4 untuk Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid (Imun).

"Hari ini adalah pengundian nomor urut paslon dan alhamdulillah lancar. Masing-masing sudah memperoleh nomor urut, 1, 2, 3, dan 4. Selanjutnya adalah agenda yang masuk tanggal 26 September nanti sudah kampanye sampai tanggal 5 Desember 2020," sebut Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar.

1. Satu bukti lebih baik dari seribu janji

Makna Nomor Urut bagi 4 Paslon Pilkada Makassar, Hoki hingga FilosofisPaslon nomor urut 1 Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi. Dok KPU Makassar

Nomor urut tersebut rupanya memiliki makna masing-masing bagi setiap paslon. Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menjelaskan makna dari nomor urut 1 yang diterimanya. Dia menyebut ini merupakan tanda-tanda positif yang berarti pemenang, kejayaan, dan keunggulan.

"Kami sudah menyampaikan bahwa satu bukti lebih baik dari seribu janji. Jadi memang nomor 1 adalah bagian yang terbaik untuk Adama," ujar Danny.

Selain itu, Danny yang sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Wali Kota Makassar menganggap nomor 1 adalah cerminan bahwa dirinya bakal melanjutkan pembangunan Makassar 1 periode lagi.    

"Dari awal memang sebenarnya harapannya nomor 1. Karena beberapa slogan dan pose yang kami lakukan memang lebih banyak di kata 1. Satu kali lagi. Karena dulu Makassar di tangan kami baru Makassar nomor satu," katanya.

2. Dua sesuai harapan

Makna Nomor Urut bagi 4 Paslon Pilkada Makassar, Hoki hingga FilosofisPaslon Pilkada Makassar nomor urut 2 Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando. Dok KPU Makassar

Munafri Arifuddin-Abdul Rahman mendapatkan nomor urut 2. Abdul Rahman Bando mengaku bersyukur karena nomor tersebut memang telah sesuai dengan apa yang mereka harapkan sejak awal. 

"Alhamdulillah kami menemukan nomor yang sangat kami damba-dambakan. Saya kira insya Allah 2020 ini akan dimenangkan nomor 2. Kami yakin nomor yang dikaruniakan Allah SWT, sebagai pemenang nomor pilkada 2020 insyaallah," jelas Rahman.

Menurut mantan Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar ini, angka 2 sebagai angka yang populer. Karena masyarakat seringkali berfoto dengan pose jari menunjuk angka 2 atau simbol perdamaian.

"Kita memang mengidam-idamkan nomor 2. Di mana-mana orang kalau selfie pasti nomor 2," katanya.

3. Tiga sebagai pembawa rezeki

Makna Nomor Urut bagi 4 Paslon Pilkada Makassar, Hoki hingga FilosofisPaslon Pilkada Makassar nomor urut 3 Syamsu Rizal-Fadli Ananda. Dok KPU Makassar

Sementara paslon Syamsu Rizal-Fadli Ananda beranggapan nomor 3 sebagai angka pembawa rezeki. Makanya saat pengundian di awal di mana mereka mendapatkan nomor antrean 3, Syamsu Rizal langsung berharap akan dapat nomor urut 3.

"Dari awal kita sudah bicara sama tim semoga dapat nomor bagus, semuanya dapat nomor bagus. Cuman mudah-mudahan kita bisa dikasih pilih ya nomor 3 kita pilih," ujar Ical, sapaannya.

Menurut mantan Wakil Wali Kota Makassar ini, angka 3 memiliki makna menang total. "Kita metal 'menang total'. Artinya sesuai harapan. Alhamdulillah memang pas pengambilan acak pun kita nomor 3. Pengundian pun kita nomor 3 Alhamdulillah semoga kita nanti menang total di 9 Desember," katanya.

4. Empat merupakan simbol etnis di Makassar

Makna Nomor Urut bagi 4 Paslon Pilkada Makassar, Hoki hingga FilosofisPaslon Pilkada Makassar nomor urut 4 Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin. Dok KPU Makassar

Terakhir, ada paslon Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Halid. Bagi None, sapaan Irman Yasin Limpo, angka ini memiliki makna yang luar biasa dalam masyarakat Sulawesi Selatan. Menurutnya, angka 4 merupakan penanda 4 suku yang mendiami Kota Makassar. Yakni suku Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja.

"Angka 4 ini juga bisa diartikan sebagai Appa' Sulapa’, memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Makassar. Appa' Sulapa’ ini memayungi 4 etnis di Kota Makassar. Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja," kata None.

Angka 4, bagi None, juga dimaknai sebagai Appakabaji yang berarti memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian.

"Angka 4 juga bermakna Appakalebbi atau mappakalebbi, merupakan Bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati," kata None.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya