Comscore Tracker

Lorong Wisata Makassar Batal Diresmikan saat Perayaan HUT RI

Padahal Pemkot Makassar telah menggaungkan jadwal peresmian

Makassar, IDN Times - Peluncuran atau launching program Lorong Wisata (longwis) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), batal digelar bersamaan dengan peringatan HUT ke-77 RI. Padahal sejak awal, Pemkot Makassar telah sesumbar akan memperkenalkan secara resmi 100 lorong wisata bertepatan pada momen ini.

Batalnya peluncuran resmi lorong wisata di Makassar itu ditengarai terkendala kesiapan infrastruktur yang belum memadai. Dinas terkait, yakni Dinas Pekerjaaan Umum dinilai tak mampu menyelesaikan target pekerjaan.

"Kami tidak launching dulu longwis 17 Agustus. Banyak yang siap, tapi saya bilang tidak usah dulu supaya jangan sepotong-sepotong," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

1. Danny enggan setengah-setengah

Lorong Wisata Makassar Batal Diresmikan saat Perayaan HUT RIWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny berdalih, dirinya tak ingin peresmian lorong wisata di Makassar dengan setengah-setengah. Dia ingin agar peluncuran 1.095 lorong wisata bisa digelar bersamaan.

Rencananya, peresmian lorong wisata itu kembali dijadwalkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Makassar, pada 9 November 2022 mendatang. 

"Saya mau biar sekalian ulang tahun kota. 1.095 sekalian diresmikan. Saya tidak mau hanya 21 atau 53 lorong semuanya supaya orang bekerja," kata Danny.

2. Longwis masih dalam pengerjaan

Lorong Wisata Makassar Batal Diresmikan saat Perayaan HUT RIPotret Lorong Wisata di Jalan Bambapuang Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Dinas PU Makassar sendiri bertanggung jawab untuk memperbaiki akses jalan lorong wisata, mulai dari pemeliharaan paving, betonisasi hingga drainase. Selain itu, Dinas PU juga memasang granit berukuran 5x5 meter di pintu masuk lorong wisata.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Makassar, Noorhaq Alamsyah mengatakan, saat ini ada 28 titik lorong wisata yang sedang dalam pengerjaan dengan 5 di antaranya telah selesai.

Namun kendalanya adalah pemasangan granit dan logo bertuliskan Lorong Wisata. Sebab untuk pemasangan granit, diperlukan material khusus yang harus dipesan dari luar Makassar.

"Bahannya baru tiba tadi malam untuk semen perekat granit, jadi baru kami bisa kerjakan untuk granitnya," katanya.

Baca Juga: HUT ke-414 Makassar, Lorong Wisata Diharap Pulihkan Ekonomi

3. Dinas PU target longwis Makassar selesai akhir tahun

Lorong Wisata Makassar Batal Diresmikan saat Perayaan HUT RIWakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi meninjau lorong wisata di Jalan Onta Lama, Senin (1/8/2022). Humas Pemkot Makassar

Adapun untuk logo Lorong Wisata Makassar juga masih harus menunggu lama karena melalui proses pencetakan. Logo tersebut diprediksi baru tiba di Makassar pada 5 September 2022 mendatang.

Sejauh ini baru dua logo Lorong Wisata yang telah siap dipasang di dua titik, yakni di lorong Jalan Amirullah dan Jalan Daeng Tata.

Noorhaq mengaku telah berkoordinasi jauh hari dengan Danny Pomanto terkait kendala ini. 

"Tapi kami optimistis 1.095 lorong wisata yang diprogramkan tahun ini bisa dituntaskan hingga akhir tahun," kata Noorhaq.

Baca Juga: Makassar Siapkan Peluncuran 100 Lorong Wisata pada 17 Agustus 2022

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya