Comscore Tracker

Ketua Golkar Sebut Malkan Amin Meninggal karena COVID-19

Malkan Amin salah satu jagoan Golkar di pilkada serentak

Makassar, IDN Times - Partai Golkar Sulawesi Selatan menyatakan belasungkawa atas meninggalnya Malkan Amin, Calon Bupati Barru. Malkan meninggal di usia 72 tahun, tepat pada hari pemungutan suara, Rabu (9/12/2020).

Malkan Amin bersama Calon Wakil Bupati Salahuddin Rum merupakan usungan Partai Golkar di Barru. Golkar berkoalisi dengan Gerindra, PAN, Berkarya, dan Hanura.

"DPD I Golkar Sulsel hari ini sangat berduka yang paling dalam, di hari pencoblosan Pak Malkan Amin meninggal dunia," kata Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca Juga: Meninggal, Malkan Amin Kampanye hingga Minggu Terakhir

1. Taufan benarkan kabar Malkan meninggal positif COVID-19

Ketua Golkar Sebut Malkan Amin Meninggal karena COVID-19Calon Bupati Barru nomor urut 3, Malkan Amin. Tangkapan layar

Taufan yang juga Wali Kota Parepare membenarkan kabar yang beredar bahwa Malkan Amin meninggal dengan terkonfirmasi positif COVID-19. Malkan meninggal di Rumah Sakit dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Rabu sekitar pukul 11.30 Wita.

"Saya dapat informasi beliau meninggal karena COVID-19. Jadi proses pemakamannya mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya Malkan Amin dikabarkan meninggal dengan status positif COVID-19. Informasi itu diketahui dari surat keterangan meninggal dari rumah sakit yang beredar. Menurut surat keterangan itu, Malkan Amin turut didiagnosa mengalami diabetes melitus tipe 2.

2. Golkar unggulkan Malkan-Salahuddin menang di Pilkada Barru

Ketua Golkar Sebut Malkan Amin Meninggal karena COVID-19Taufan Pawe. Instagram/golkar.indonesia

Bagi Taufan, Malkan Amin merupakan sosok politikus panutan. Menurutnya Malkan adalah orang yang tangguh, kuat, dan memiliki jiwa militansi yang tidak perlu diragukan lagi, khususnya di Partai Golkar.

Taufan juga menyebut Malkan Amin dan Salahuddin Rum sebagai paslon unggulan. Mereka salah satu usungan Golkar yang ditargetkan menang pada Pilkada Serentak 2020 se-Sulsel. Taufan menyebut partainya sangat kehilangan atas kepergian almarhum.

"Kondisi ini sangat menyulitkan Partai Golkar karena data-data terakhir, elektoral beliau sangat baik. Tetapi apa pun hasilnya itu bagian yang sangat luar biasa dari proses perjuangan almarhum untuk membesarkan Partai Golkar," katanya.

2. Masih aktif berkampanye hingga pekan terakhir

Ketua Golkar Sebut Malkan Amin Meninggal karena COVID-19Paslon Bupati Barru nomor urut 3, Malkan Amin dan Salahuddin Rum saat debat kandidat Pilkada Barru di Hotel Gammara Makassar, Selasa (27/10/2020). Tangkapan layar

Malkan Amin meninggal di usia 72 tahun. Di Pilkada Barru, Malkan Amin berpasangan dengan Andi Salahuddin Rum. Pilkada 2020 merupakan ajang pilkada ketiga yang dia ikuti. Pada dua ajang yang sama sebelumnya, dia gagal meraih suara terbanyak.

Pilkada Barru 2020 diikuti tiga pasangan calon. Selain Malkan-Salahuddin, pasangan lain masing-masing Mudassir Hasri Gani - Aksah Kasim dan Suardi Saleh dan Aska Mappe.

Politikus Golkar Sulsel Rahman Pina mengatakan sempat tak percaya Malkan Amin meninggal. Dia memastikan kabar itu dari Ketua DPRD Sulsel yang juga berasal dari Barru, Ina Kartika Sari. Selama ini Ina aktif mendampingi Malkan Amin berkampanye.

"Ibu Ketua—selama ini aktif bersama beliau. Bahkan minggu terakhir kampanye ia masih bersama," Rahman menulis di akun Facebook pribadinya, Rabu.

Baca Juga: Meninggal, Malkan Amin Masuk RS Sejak Dini Hari

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya