Job Fair 50 Perusahaan di Makassar, Buka Peluang untuk 2.100 Formasi 

Tersedia juga lowongan untuk difabel

Makassar, IDN Times - Sebanyak 50 perusahaan di Kota Makassar membuka peluang bagi pelamar kerja. Masyarakat bisa mendaftar dalam bursa kerja atau job fair yang akan digelar di Phinisi Point (Pipo) Mall, Makassar, pada 21-22 Agustus 2023.

Job fair ini merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar guna mengurangi angka pengangguran. Pelamar kerja bisa langsung mendaftarkan diri ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan kerja di sini.

"Kami berharap peluang kerja untuk warga kota Makassar semakin besar dalam rangka menurunkan angka pengangguran terbuka," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Nielma Palamba, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Danny Pomanto Copot Sejumlah Lurah Gara-gara Kabel Udara

1. Menyediakan 2.100 formasi

Job Fair 50 Perusahaan di Makassar, Buka Peluang untuk 2.100 Formasi IDN Times/Asrhawi Muin

Formasi yang disediakan dalam job fair ini sebanyak 2.100 formasi. Para pelamar kerja bisa mendaftar di 50 perusahaan dari berbagai sektor mulai dari konsultan, perhotelan, retail, perbankan dan sebagainya.

Nielma menyebut formasi yang disiapkan tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun tahun sebelumnya, yakni sekitar 1.000-an formasi. Hal ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Disnaker Kota Makassar. 

"Kami selalu mengevaluasi dengan melihat apa saja yang kurang dari tahun-tahun sebelumnya dan apa yang perlu dibenahi," kata Nielma.

2. Menyediakan lowongan untuk difabel

Job Fair 50 Perusahaan di Makassar, Buka Peluang untuk 2.100 Formasi IDN Times/Asrhawi Muin

Job fair digelar untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan secara langsung. Dengan demikian, pencari kerja bisa lebih mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan kualifikasinya.
 
Job fair ini juga menyiapkan formasi untuk para penyandang difabel. Nielma menyebut biasanya formasi untuk penyandang difabel biasanya berada di sektor retail. 

"Kami selalu siapkan formasi untuk teman-teman disabilitas. Pekerjaan untuk teman-teman disabilitas ini bervariasi, sudah ada job tertentu," kata Nielma. 

3. Sebanyak 76 persen tenaga kerja terserap tahun lalu

Job Fair 50 Perusahaan di Makassar, Buka Peluang untuk 2.100 Formasi IDN Times/Asrhawi Muin

Job fair ini merupakan agenda rutin Disnaker Kota Makassar. Biasanya, Disnaker menggelar job fair sebanyak dua kali dalam setahun yakni pada momentum peringatan HUT RI dan HUT Kota Makassar.

Nielma menyebut job fair yang digelar dua kali tahun lalu cukup banyak menyerap tenaga kerja. Mereka tersebar di berbagai sektor pekerjaan.

"Tahun lalu 2 kali agenda jobfair 76 persen tenaga kerja terserap yan ditempatkan di berbagai job yang tersedia," kata Nielma.

Baca Juga: Dukcapil Makassar Usulkan KTP Digital sebagai Syarat Sah Memilih

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya