Comscore Tracker

Ini Posisi Paslon Tunggal Pilkada Gowa dan Soppeng di Surat Suara

Tak ada penantang petahana di Gowa dan Soppeng 

Makassar, IDN Times - Dua daerah yang menggelar pilkada di Sulawesi Selatan (Sulsel) dipastikan diikuti oleh pasangan calon (paslon) tunggal, yakni Kabupaten Gowa dan Soppeng. Paslon tunggal di dua kabupaten ini merupakan paslon petahana. 

Adanya paslon tunggal ini sebab tak ada paslon lain yang mendaftar, padahal KPU setempat telah memperpanjang pendaftaran. Keadaan ini pun membuat paslon tunggal secara otomatis berhadapan dengan kotak kosong atau kolom kosong.

Sebagai informasi, Kabupaten Gowa dan Soppeng merupakan 2 dari 12 daerah yang menggelar pilkada di Sulsel. Kesepuluh daerah lainnya adalah Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, Bulukumba, dan Selayar.

1. Adnan Puritha Ichsan-Abdul Rauf Malaganni dapat posisi sebelah kanan di surat suara

Ini Posisi Paslon Tunggal Pilkada Gowa dan Soppeng di Surat SuaraPaslon Adnan Puritha Ichsan-Abdul Rauf Malaganni di Kabupaten Gowa dapat posisi kanan. Dok. Istimewa

Di Kabupaten Gowa, paslon yang akan menghadapi kotak kosong adalah Adnan Puritha Ichsan-Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio). Adnan merupakan putra dari Mantan Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo dan juga merupakan keponakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Adnan-Kio telah mengunci dukungan 9 dari 10 parpol pemilik kursi di DPRD Gowa. Masing-masing partai itu adalah PPP, Nasdem, PAN, PKB, Demokrat, PDI Perjuangan, Perindo, Golkar, dan PKS. Gabungan partai itu memiliki 38 dari 45 kursi.

Berdasarkan pengundian tata letak yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, pasangan Adnan-Kio mendapatkan posisi di sebelah kanan surat suara. 

2. Kaswadi Razak-Luthfi Halide dapat posisi sebelah kiri di surat suara

Ini Posisi Paslon Tunggal Pilkada Gowa dan Soppeng di Surat SuaraPosisi Kaswadi Razak-Luthfi Halide di Kabupaten Soppeng. Dok. KPU Soppeng

Di Kabupaten Soppeng, paslon petahana itu adalah Kaswadi Razak-Luthfi Halide. Luthfi sendiri juga masih termasuk klan Yasin Limpo karena merupakan besan dari Syahrul Yasin Limpo.

Pasangan ini diusung Partai Golkar, Nasdem, PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PKB. Selain itu ada pula partai pendukung nonparlemen yakni PAN, PBB, Hanura, Berkarya, Garuda, Gelora, dan Perindo.

Pengundian tata letak posisi paslon pada surat suara juga dilakukan oleh KPU Soppeng melalui rapat pleno terbuka. Namun rapat itu hanya dihadiri terbatas yakni paslon, LO, dan Ketua Bawaslu Soppeng.

"Paslon Kaswadi Razak-Luthfi Halide mendapatkan posisi kiri pada surat suara dilihat dari sisi kiri pemilih," kata Hasbi selaku Ketua KPU Soppeng.

Baca Juga: Adnan-Kio Daftar Pilkada Gowa Diusung Sembilan Partai

3. Foto paslon akan disandingkan dengan kolom kosong berwarna putih

Ini Posisi Paslon Tunggal Pilkada Gowa dan Soppeng di Surat SuaraDok. IDN Times/Chusmiaty Rombean

Di surat suara, foto paslon akan disandingkan dengan kolom kosong berwarna putih. Hal ini sesuai dengan Pasal 54C ayat 2 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. 

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa pemilihan dengan satu paslon tetap harus dilaksanakan dengan menggunakan surat suara. Dalam surat suara harus memuat dua kolom di mana salah satu kolom memuat foto paslon sedangkan kolom lainnya tidak bergambar.

Dengan demikian, warga tetap mempunyai pilihan. Jika setuju dengan paslon tunggal maka pemilih bisa mencoblosnya. Tapi jika tidak setuju, maka pemilih bisa mencoblos kolom kosong di surat suara.

Baca Juga: KPU Tunda Penetapan 2 Paslon Pilkada di Sulsel yang Positif COVID-19

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya