HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar Sentil Sederet Masalah di Sulsel

Ajak masyarakat bangun Sulsel menuju era baru

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, menyentil sederet permasalahan di wilayahnya. Hal iti disampaikannya dalam saat rapat paripurna peringatan HUT ke-353 Sulsel di gedung DPRD setempat, Kamis (19/10/2023).

Bahtiar menyebut hingga kini masih ada pengangguran hampir 5 persen dan sebanyak 8,87 persen tingkat kemiskinan. Belum lagi stuning masih 27 persen, literasi keuangan masih 36 persen dan sederet masalah lainnya yang harus dientaskan.

"Masih banyak belum bermata pencaharian. Kampus-kampus tidak mencetak lapangan kerja. Begitu selesai sarjana, di situlah dia menganggur," kata Bahtiar.

1. Singgung soal hub kawasan timur Indonesia

HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar Sentil Sederet Masalah di SulselAktivitas bongkar muat peti kemas di Makassar New Port, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (11/7/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Bahtiar mengatakan bahwa usia 354 tahun merupakan perjalanan panjang bagi sebuah daerah. Kondisi alam Sulsel yang sekarang tentu berbeda dengan 354 tahun yang lalu. Namun para pemimpin saat itu mampu menjadikan Sulsel sebagai peradaban dunia walau belum ada penerbangan.

Menurut Bahtiar, hal ini kontras di zaman sekarang. Ketika Sulsel digaungkan sebagai hub timur Indonesia, Bahtiar justru merasa Sulsel belumlah mencapai titik itu.

"Apa tandanya? Ini bukan jalur udara internasional. Kita hanya dua negara tujuan. Lautnya juga kita hanya terbatas sekali bisa ekspor dari Makassar. Kemudian produksi kita juga tidak terlalu banyak yang bisa kita ekspor," kata Bahtiar.

2. Sulsel punya banyak potensi alam

HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar Sentil Sederet Masalah di SulselSuasana Desa Rammang-Rammang yang masuk dalam kawasan Geopark Maros-Pangkep. (Dok. Humas Geopark Maros-Pangkep)

Maka dari itu, Bahtiar menegaskan bahwa peringatan HUT ke-354 ini merupakan kesempatan bagi pemerintah provinsi, pemerintah daerah, kecamatan, kelurahan hingga desa agar merenung sejenak. Sebab bisa saja, pencapaian-pencapaian selama ini sudah baik namun ada hal-hal di sekeliling yang justru luput dari perhatian.

"Hari ulang tahun itu bukan sekedar seremonial tetapi kita perlu bersama mengecek kembali apa yang sudah kita capai," kata Bahtiar.

Sulsel, kata Bahtiar, memiliki kekayaan alam dari laut, pantai, lembah hingga gunung. Pemprov tentu memiliki program untuk membangun Sulsel namun anggaran daerah dinilainya tidak cukup sehingga membutuhkan anggaran dari sumber lain.

"Perlu kita menggerakkan potensi swasta, investasi masyarakat. Membangun Sulawesi Selatan perlu uang ratusan bahkan ribuan triliun. APBD tidak akan sanggup untuk membiayai pembangunan Sulawesi Selatan," kata Bahtiar.

Baca Juga: Bahtiar Jelaskan soal 20 Persen Dana Desa Sulsel untuk Tanaman Pangan

3. Ajak masyarakat menuju era baru

HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar Sentil Sederet Masalah di SulselPj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin pada apel di Kantor Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis (7/9/2023). (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Sesuai dengan tema HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar pun mengajak masyarakat menuju era baru, khususnya dalam setahun ke depan. Pasalnya, Sulsel akan berinteraksi dan bersaing dengan daerah lain. 

Dia pun meminta jajarannya untuk tidak berleha-leha dan instrospeksi diri. Selain itu, mereka juga harus memperbaiki tata kelola dengan menggunakan paradigma baru.

"Kata kuncinya adalah perbaikan tata kelola semua bidang, pemerintahan, pembangunan, pelayanan publik, hukum, termasuk bisnis dan ekonomi supaya kekuatan alam, laut, udara, manusia dan nilai yang dimiliki menjadi satu kesatuan integratif untuk membangun Sulawesi Selatan," katanya.

Baca Juga: Momentum HUT ke-354 Sulsel, Bahtiar : Waktunya Kita Bertaubat 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya