Comscore Tracker

Groundbreaking MRT di Sulsel Direncanakan Agustus 2023 

Dua negara tertarik menjadi investor

Makassar, IDN Times - Pembangunan konstruksi sistem transportasi transit cepat (MRT) di Sulawesi Selatan direncanakan akan dimulai tahun 2023. Peletakan batu pertama atau groundbreaking rencananya digelar pada pertengahan tahun. 

Direktur Utama PT MRT Makassar, Andry Arief Bulu, mengatakan proyek tersebut akan groundbreaking sebelum masa jabatan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berakhir pada September 2023.

"Kami targetkan insyaallah ketika semua bisa berjalan lancar, sebelum Pak Gubernur selesai di bulan September, saya kira bulan Juli atau Agustus, kami coba groundbreaking dulu," ujar Andry di Makassar, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Bakal Ada MRT di Sulsel, Kerja Sama dengan Pemprov DKI

1. Tahun ini masih fokus pada diskusi

Groundbreaking MRT di Sulsel Direncanakan Agustus 2023 Ilustrasi MRT. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Andry mengatakan diskusi bersama para stakeholder dan investor menjadi fokus tahun ini untuk MRT. Focus Group Discussion (FGD) rencananya akan digelar bulan Desember 2022 ini.

"Kami bikin fokus diskusi seluruh stakeholder baik itu akademisi, praktisi dan juga para investor untuk memberikan satu gambaran terkait dengan perkembangan MRT di Kota Makassar dan penunjangnya di Mamminasata, Maros dan Gowa," ucap Andry.

2. Dua negara disebut tertarik jadi investor

Groundbreaking MRT di Sulsel Direncanakan Agustus 2023 IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara untuk investor sendiri, Andry menyatakan dua negara yakni Jepang dan Korea tertarik dengan proyek MRT. Kedua negara tersebut dikenal memiliki sistem transportasi yang telah berjalan dengan baik dan jauh dari kemacetan.

"Itu coba kita tiru dan tentu sebagai kerja sama MRT Jakarta, ini juga perbandingan bagi kita untuk melakukan bagaimana MRT di Makassar," katanya.

3. Sulsel kerja sama dengan Jakarta

Groundbreaking MRT di Sulsel Direncanakan Agustus 2023 IDN Times/Gregorius Aryodamar

Adapun rencana pengadaan MRT merupakan salah satu poin penandatangan kesepakatan bersama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemprov DKI Jakarta tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mendatangani MoU bersama Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Balaikota Pemprov DKI Jakarta, Rabu 5 Oktober 2022 lalu.

Ruang lingkup kesepakatan bersama meliputi bidang transportasi dan perhubungan, ketahanan pangan, pariwisata dan ekonomi kreatif, dan peningkatan sumber daya manusia. MRT jadi salah satu kerja sama di bidang transportasi dan perhubungan.

"Kita harap dengan hadirnya transportasi integrasi, transportasi massal modern akan memudahkan mobilisasi masyarakat," kata Gubernur Andi Sudirman dikutip dari laman Pemprov Sulsel.

Baca Juga: Kereta Api Jalur Pangkep-Maros di Sulsel Mulai Dioperasikan Terbatas

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya