Comscore Tracker

Dishub Segera Uji Coba Perubahan Arus Lalin Jalan Penghibur Makassar

Jangan sampai salah arah berkendara di Pantai Losari, ya!

Makassar, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Makassar siap menjalankan uji coba perubahan arus lalu lintas di sekitar Pantai Losari. Rencananya, uji coba akan dilaksanakan pekan depan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud, menuturkan pihaknya telah memaparkan rencana ini kepada pihak terkait, mulai dari Satlantas Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan, Kapolsek Wajo, Kapolsek Ujung Pandang, Balai Pengelolaan Jalan, Kementerian Perhubungan, hingga Masyarakat Transportasi Indonesia.

"Makanya ini selama satu minggu ini kita tahap sosialisasi dulu, baru kita uji coba terapkan pekan depan. Kan ini menyangkut perubahan rambu-rambu," kata Iman Hud kepada wartawan, Kamis (23/6/2022).

1. Perubahan arus lalin telah dibahas dengan pakar

Dishub Segera Uji Coba Perubahan Arus Lalin Jalan Penghibur MakassarPemandangan Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, dari Jalan Penghibur Makassar. IDN Times/Irwan Idris

Iman menuturkan ada banyak hasil kajian yang dipaparkan saat bertemu dengan para pemangku kepentingan terkait perubahan arus lalu lintas. Di antaranya terkait kajian teknis metodologi penelitian dari para pakar tranportasi dari Universitas Muhammadiyah, Universitas Negeri Makassar hingga Masyarakat Tranportasi Indonesia Makassar.

"Setelah kami paparkan, ada beberapa masukan. Masih ada masukan karena antara 2019 dan sekarang mungkin ada yang harus dibenahi. Di antaranya kantong-kantong parkir dan bagaimana perilaku masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Ubah Kembali Arus Lalu Lintas di Sekitar Losari

2. Perubahan arus lalin dianggap layak

Dishub Segera Uji Coba Perubahan Arus Lalin Jalan Penghibur MakassarIlustrasi pengaturan lalu lintas (ANTARA FOTO/Rahmad)

Dari hasil kajian tersebut, kata Iman, perubahan arus lalu lintas di sekitar Pantai Losari telah dianggap layak. Pengerjaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di sana juga yang sempat dianggap menghambat, justru dianggap tidak menggangu.

Perubahan arus lalin ini pun diharapkan bisa segera terealisasi. Pasalnya ini dianggap sebagai langkah untuk mengatasi kemacetan, khususnya di sekitar Pantai Losari.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan bertemu lagi tim kecil dari kepolisian karena itu leading sektor Dishub sendiri. Di sampingnya bantuan kecamatan, kelurahan dan TNI. Setelah itu kami akan laporkan ke wali kota," kata Iman.

3. Tidak terganggu pengerjaan IPAL

Dishub Segera Uji Coba Perubahan Arus Lalin Jalan Penghibur MakassarIlustrasi sistem IPAL (IDN Times/Istimewa)

Pemerintah Kota Makassar akan mengubah arus lalu lintas di Jalan Penghibur yang saat ini dari selatan ke utara. Setelah diubah, arus lalu lintas akan berlaku sebaliknya dari utara ke selatan.

Arus lalu lintas di Jalan Penghibur dulunya memang pernah diubah dari utara ke selatan di periode pertama pemerintahan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sebagai Wali Kota Makassar. Namun di tahun 2019, diubah lagi oleh Iqbal Suhaeb yang kala itu menjabat Pj Wali Kota Makassar.

Uji coba sejatinya telah direncanakan sejak beberapa pekan lalu namun terganjal pengerjaan IPAL. Namun Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menyebut perubahan arus lalin ini tidak terganggu oleh pengerjaan IPAL.

"Apa urusannya IPAL, tidak ada mengganggu, di rekayasa juga tidak. Harus diubah (jalur,) kalau tidak bisa nanti saya yang bikin sendiri," kata Danny.

Baca Juga: Perubahan Arus Lalin di Sekitar Losari Terkendala Proyek IPAL

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya