Comscore Tracker

Dinas Sosial Kaget Banyak Anak-Anak di Makassar Terlibat Prostitusi

Dinsos sebut anak-anak itu korban putus sekolah

Makassar, IDN Times - Dinas Sosial Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menggelar razia di sejumlah hotel dan wisma. Operasi bersama polisi dan Satpol PP itu menyasar pasangan belum menikah yang diduga berbuat mesum. Hasilnya, delapan pasang laki-laki dan perempuan terjaring.

Petugas menyebut, beberapa di antaranya berprofesi sebagai pekerja seks yang masih berusia di bawah umur. Mereka semua adalah tiga orang perempuan. Satu di antaranya berusia 12 tahun dan dua orang lainnya berusia 15 tahun. 

"Selanjutnya 3 PSK di bawah umur kami rujuk untuk direhab di Panti PSKW Mattirodeceng," kata Plt Kepala Dinas Sosial Makassar, Muhyiddin, Minggu (28/11/2021).

1. Delapan pasangan digerebek di hotel dan wisma

Dinas Sosial Kaget Banyak Anak-Anak di Makassar Terlibat ProstitusiIlustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Muhyiddin menjelaskan delapan pasangan tersebut digerebek di wisma maupun hotel yang berlokasi di kawasan Panakkukang, Makassar, Sabtu (27/11/2021), malam.

Muhyiddin menambahkan, lima pasang lainnya yang terjaring razia merupakan pasangan yang berpacaran. Setelah diperiksa, ketiga pekerja seks di bawah umur ternyata bukan warga Makassar.

"Berdasarkan pengakuan mereka, ketiganya berdomisili di Kabupaten Gowa," ucap Muhyiddin.

2. Remaja putus sekolah

Dinas Sosial Kaget Banyak Anak-Anak di Makassar Terlibat ProstitusiIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan hasil interogasi petugas gabungan, ketiga remaja itu adalah siswa SMP yang putus sekolah. Bahkan mereka dipekerjakan oleh mucikari yang juga masih di bawah umur yaitu remaja laki-laki berusia 15 tahun.

Mereka telah menjalani profesi tersebut cukup lama, bahkan hampir setiap hari melayani pelanggan sesuai orderan dari mucikari.

"Mereka telah diserahkan ke orang tua masing-masing untuk diedukasi," tuturnya. 

Baca Juga: Polisi Tangkap Pengedar Sabu yang Menyasar Millennials di Makassar

3. Kasus akan dikembangkan

Dinas Sosial Kaget Banyak Anak-Anak di Makassar Terlibat ProstitusiIlustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Muhyiddin mengaku pihaknya menyayangkan hal tersebut. Karena itu, petugas gabungan razia akan mengembangkan kasus pekerja seks di bawah umur di Kota Makassar.

"Tadi malam, kami ke Polrestabes untuk melaporkan sekaligus rencana pengembangan selanjutnya," katanya.

Pengembangan kasus itu lantaran berdasarkan pengakuan para anak tersebut, banyak perempuan seusia mereka yang juga bekerja melayani pria hidung belang.

"Makanya kita akan melakukan pengembangan, karena mereka mengaku banyak seusianya yang jadi PSK, hp-nya sudah kami sita, jadi akan dipantau," katanya.

Baca Juga: Kapolsek di Sulteng Diduga Kirim Chat Mesum ke Anak Tersangka 

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya