Danny Pomanto Menilai Pembangunan Stadion Mattoanging Salah Lokasi

Danny sarankan Stadion Mattoanging pindah ke Untia

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menilai lokasi pembangunan Stadion Mattoanging yang bertaraf internasional, tidak tepat. Danny menilai stadion tersebut berada pada lokasi yang salah. 

Danny mengaku mendukung ide pembangunan Stadion Mattoanging. Tapi lokasi tersebut harus sesuai kondisi jalan di sekitar stadion yang dinilainya tidak cocok dengan kapasitas 40.000 penonton.

"Stadion ini ide bagus, desain bagus, tempatnya yang salah. Saya tidak pernah melarang inisiasinya orang," katanya di Hotel Four Points Makassar, Senin (8/3/2021).

1. Danny sarankan lokasi Stadion Mattoanging dipindahkan ke Untia

Danny Pomanto Menilai Pembangunan Stadion Mattoanging Salah LokasiWali Kota Makassar terpilih, Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny pun menyarankan agar lokasi Stadion Mattoanging dipindahkan saja. Sebelumnya dia menyarankan stadion itu dipindahkan ke Barombong. Tapi kini dia memberikan opsi lokasi lain yaitu Untia. 

"Kalau pun tetap mau bangun stadion, kalau tidak mau di Barombong bisa di Untia. Ada tanahnya pemerintah kota di sana," kata Danny.

Dia mengungkapkan bahwa di sana Pemkot Makassar memiliki tanah seluas 18 hektare. Menurut Danny, tanah ini cukup untuk Stadion Mattoanging karena hanya membutuhkan lahan seluas 6 hektare.

"Di sana ada jalan besar. Nanti ke situ pas. Jadi kalau lalu lintasnya itu bisa dibuangannya itu bisa dipertanggungjawabkan," katanya.

2. Jalan sekitar Stadion Mattoanging dinilai sempit untuk kapasitas 40.000

Danny Pomanto Menilai Pembangunan Stadion Mattoanging Salah LokasiDED Stadion Mattoanging yang dibuat oleh PT Arkonin. IDN Times/Istimewa

Danny mengambil contoh Stadion utama Senayan yang berkapasitas 100.000 penonton. Dia menyebut pintu keluar stadion itu dibagi 4 sisi di mana setiap sisi dapat dilalui 25.000 orang. 

Jika pintu keluar masuk Stadion Mattoanging hanya dipusatkan di Jalan Cenderawasih, menurutnya, maka itu tidak akan muat. Belum lagi jika penonton membawa kendaraan pribadi.

"Bisa dibayangkan Jalan Asia Afrika di Jakarta yang hanya menerima 25.000 orang belum kendaraannya itu, dengan Cendrawasih yang begitu sempit menerima beban 40.000," katanya.

Baca Juga: [KALEIDOSKOP] Sengkarut Nasib Stadion Mattoanging Berakhir di 2020

3. Lokasi Stadion Mattoanging akan diubah menjadi RTH

Danny Pomanto Menilai Pembangunan Stadion Mattoanging Salah LokasiGubernur Sulsel Nurdin Abdullah memimpin langsung pembongkaran bangunan Stadion Mattoanging, Rabu (21/10/2020). Humas Pemprov Sulsel

Danny sudah memiliki rencana jika lokasi Stadion Mattoanging dipindahkan. Dia berencana menjadikan lokasi stadion saat ini menjadi ruang terbuka hijau (RTH) yang berisi 10 lapangan sepak bola mini. Lapangan itu akan dimanfaatkan secara gratis oleh anak-anak yang hendak bermain bola. 

Tak hanya itu, Danny juga berencana menampilkan patung legenda-legenda sepak bola asal Makassar di RTH tersebut.

"Jadi kita bisa bikin namanya RTH Ramang khusus untuk sepak bola," ujarnya.

Danny mengatakan dirinya telah berbicara dengan Plt Gubernur Sulsel terkait kelanjutan markas klub sepak bola PSM Makassar tersebut. Dia berupaya meyakinkan publik bahwa stadion ini akan tetap berlanjut.

"Saya juga sempat laporan dan saya sudah menyampaikan beberapa hal dan beliau (Plt Gubernur Sulsel) bilang kita bicarakan seperti rapat koordinasi," katanya.

Baca Juga: Danny Sarankan Stadion Mattoanging Dipindahkan ke Barombong, Setuju?

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya