Comscore Tracker

Berburu Kuliner Buka Puasa di Gedung Kesenian Makassar

Pilihan untuk berburu takjil sekaligus nongkrong

Makassar, IDN Times - Ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia saat Ramadan. Beragam cara pun bisa dilakukan, salah satunya dengan nongkrong sembari berburu kuliner buka puasa.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, ada beberapa spot lokasi yang bisa menjadi tempat asyik untuk ngabuburit, terkhusus bagi generasi millenial dan Gen Z. Salah satunya adalah Gedung Kesenian.

Gedung Kesenian atau yang dikenal juga dengan nama Societeit de Harmonie ini beralamat di Jalan Riburane Nomor 15, Kelurahan Pattunuang, Kecamatan Wajo. 

Baca Juga: Cerita Pedagang Takjil di Makassar, Ramadan Tahun 2022 Lebih Cuan

1. Ramai dikunjungi menjelang waktu buka puasa

Berburu Kuliner Buka Puasa di Gedung Kesenian MakassarGedung Kesenian Makassar menjadi tempat berburu kuliner buka puasa. IDN Times/Asrhawi Muin

Di hari-hari biasa, Gedung Kesenian ini kerap dimanfaatkan sebagai tempat menghelat berbagai kegiatan seni seperti pertunjukan musik. Di bulan Ramadan, gedung peninggalan zaman Belanda ini ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu menjelang buka puasa.

Bukan sekedar ngabuburit, Gedung Kesenian juga menjadi tempat yang pas untuk berburu kuliner buka puasa. Karena di sini, berbagai stand makanan  dan minuman menyegarkan tersedia untuk pengunjung.

Bagi pengunjung yang datang setelah waktu buka puasa, jangan khawatir karena stand-stand di sini masih buka hingga malam. Pengunjung tetap ramai bahkan setelah pukul 21.00 WITA.

2. Tersedia berbagai pilihan makanan dan minuman

Berburu Kuliner Buka Puasa di Gedung Kesenian MakassarGedung Kesenian Makassar menjadi tempat berburu kuliner buka puasa. IDN Times/Asrhawi Muin

Karma (23), salah seorang pengunjung mengatakan Gedung Kesenian sebagai tempat yang pas untuk berburu menu buka puasa. Soalnya, beraneka ragam cemilan hingga makanan berat dijajakan di sana. 

Cemilan yang bisa ditemukan di sini mulai dari kue pancong, dimsum hingga jagung bakar. Minuman yang dijajakan juga seperti kopi, teh, dan ragam minuman kekinian lainnya.

"Di gedung kesenian bagusnya kalau untuk buka yang cari cemilan, makanan ringan, di sana bagus. Lebih variatif. Tapi kalau untuk makanan berat di sana agak kurang," katanya.

3. Cocok jadi tempat nongkrong

Berburu Kuliner Buka Puasa di Gedung Kesenian MakassarGedung Kesenian Makassar menjadi tempat berburu kuliner buka puasa. IDN Times/Asrhawi Muin

Suasana yang ditawarkan spot ini juga cukup nyaman meskipun tidak terlalu luas.  Karena selain tempatnya yang cozy dengan hiasan lampu, juga diiringi musik sehingga membuat pengunjung tidak bosan.

Tenant-tenant yang menjual makanan dan minuman berada mengitari pelataran gedung. Kursi-kursi dan meja ditata rapi di tengah sehingga pengunjung tinggal memilih tempat duduk yang diinginkan.

"Lebih ada ruang untuk bergerak karena ada spacenya meskipun tidak terlalu besar. Lebih banyak kursinya jadi tidak kesusahan untuk cari tempat. Kalau untuk ngumpul bagus," kata Karma.

Baca Juga: BBPOM Makassar Belum Temukan Takjil dengan Zat Berbahaya

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya