Comscore Tracker

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel Meningkat

Tingkat kesembuhan mencapai 94,70 persen

Makassar, IDN Times - Program karantina terpusat pasien COVID-19 di sejumlah hotel di Sulawesi Selatan, membuahkan hasil signifikan dengan meningkatnya angka kesembuhan. 

Kordinator Program Wisata Duta COVID-19 Sulsel, Husni Thamrin mengatakan, per Selasa (23/2/2021), tercatat sebanyak 72 pasien dinyatakan sembuh dan keluar dari karantina hotel.

"Saat ini tingkat kesembuhan pasien di Wisata Duta COVID-19 mencapai 94,70 persen. Semua ini akibat rangkaian penarapan 3 trisula yakni kontak tracing, testing dan treatment yang dilakukan," katanya.

1. Sebanyak 13.359 pasien telah menjalani isolasi di hotel

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel MeningkatIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Husni menyebutkan sejauh ini sudah ada 13.359 pasien COVID-19 yang telah menjalani isolasi di hotel. Mereka yang menjalani karantina umumnya adalah orang tanpa gejala. 

Setelah pasien menjalani karantina, Satgas akan segera menelusuri kontak erat atau tracing contact. Setelah itu ada testing bagi kontak erat dan treatment. 

"Semua yang masuk di Duta COVID-19 kita tracing dan kita akan lakukan tes swab kalau hasilnya positif kita akan karantina di hotel," ujarnya.

Baca Juga: Kasus Corona di Sulsel Meroket, Hotel Isolasi-Rumah Sakit Hampir Penuh

2. Program isolasi pasien COVID-19 tersebar di beberapa hotel

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel MeningkatSwiss-Belhotel Losari Makassar salah satu hotel yang ditunjuk untuk Wisata COVID-19. Istimewa

Karantina terpusat di hotel merupakan salah satu bentuk penanganan COVID-19 di Sulsel. Pasien positif tanpa gejala dipusatkan di hotel, sementara pasien bergejala klinis dirawat di rumah sakit.

Sejumlah hotel pun dimanfaatkan untuk menjadi tempat isolasi. Hotel-hotel tersebut antara lain, Swiss Bel (95 pasien), Grand Imawan (94 pasien), Almadera (87 pasien), dan Grand Celino (79 pasien).

Selanjutnya ada Hotel Lynt (45 pasien), Gunung Mas (37 pasien), Hikmah Citra Medika (28 pasien), Kenari Tower (27 pasien), Remcy (25 pasien), Hotel Yasmin (17 pasien), Pantai Marina (10 pasien), dan Hotel Kamanre (5 pasien).

Baca Juga: 7.871 Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel Dinyatakan Sembuh

3. Kasus COVID-19 masih bertambah

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Isolasi Hotel di Sulsel MeningkatIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Jumlah kasus COVID-19 di Sulsel hingga kini masih terus bertambah. Menurut data harian Satgas Penanganan COVID-29 pada Selasa (23/2/2021), tercatat ada penambahan 506 kasus baru. Total kasus pun mencapai 54.715 kasus.

Kabar baiknya, jumlah kasus sembuh juga terus bertambah. Tercatat ada 270 pasien dinyatakan sembuh. Total pasien sembuh pun mencapai 50.255 kasus.

Selain itu, tidak tercatat adanya kasus meninggal dunia. Meski begitu, total kasus meninggal dunia sudah mencapai 827 kasus.

Baca Juga: Wagub Sulsel Minta Pemda juga Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya