Comscore Tracker

Profil M Yusran Lalogau, Menang Pilkada Pangkep di Usia 28

Yusran sebelumnya menjabat Ketua DPRD Pangkep

Makassar, IDN Times - KPU Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) menetapkan pasangan calon Muhammad Yusran Lalogao-Syahban Sammana sebagai peraih suara terbanyak di Pilkada Pangkep 2020. Rekapitulasi hasil penghitugan suara pilkada digelar lewat rapat pleno terbuka, Rabu 16 Desember 2020.

Menurut salinan dokumen rekapitulasi yang dikutip dari laman resmi KPU Pangkep, Yusran-Syahban meraih total 72.973 suara. Perolehan itu sebanding 36,79 persen dari total suara sah. Sebelumnya, pasangan yang diusung oleh Partai NasDem ini juga diunggulkan oleh sejumlah lembaga survei pada hitung cepat.

Yusran menambah deretan bupati muda di Sulawesi Selatan. Sebelumnya publik mengenal Adnan Purichta Ichsan (34 tahun) di Gowa. Yusran sendiri saat ini berusia 28 tahun, sekaligus menjadi kepala daerah termuda se-Sulsel.

Nah, seperti apa sepak terjang salah satu figur milenial di kancah politik nasional tersebut? Berikut IDN Times menyajikan profil singkat MYL.

Baca Juga: Cabup Usia 28 Tahun Menang di Rekapitulasi Pilkada Pangkep

1. Lahir di Pangkajene, menempuh pendidikan di Makassar

Profil M Yusran Lalogau, Menang Pilkada Pangkep di Usia 28Bupati terpilih Kabupaten Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau. (Instagram.com/muhammadyusranlalogau)

Muhammad Yusran Lalogau lahir di Pangkajene pada 1 April 1992. Ia adalah putra ketiga dari pasangan H. Syamsul A. Hamid dan Hj. Rosnaeni. Yusran juga keponakan Bupati Pangkep dua periode (2010-2015 dan 2016-2021) berstatus petahana, yakni Syamsuddin A. Hamid.

Ia menempuh seluruh jenjang pendidikan di Kota Makassar. Mulai dari SD Islam Athirah (1998-2004), SMP Islam Athirah (2004-2007), SMAN 21 Makassar (2007-2010) dan kemudian Strata 1 Jurusan Perikanan FIKP Universitas Hasanuddin (2010-2014).

Lulus dari Unhas dengan gelar S.Pi, MYL lalu menempuh pendidikan Pasca Sarjana (Strata 2) dengan studi yang sama di Universitas Muslim Indonesia (2017-2019).

2. Memulai karier di Golkar, kini menjabat Ketua DPD NasDem Pangkep

Profil M Yusran Lalogau, Menang Pilkada Pangkep di Usia 28Pasangan nomor urut 1 peserta Pilkada Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) 2020, Muhammad Yusran Lalogau dan Syahban Sammana. (Dok. Tim Pemenangan MYL-SS)

Yusran memulai karier politiknya sebagai kader Partai Golkar dan terpilih sebagai anggota DPRD Pangkep periode 2014-2019. Namun pada tahun 2018, ia pindah ke NasDem. Tak perlu waktu lama, Yusran pun terpilih sebagai Ketua DPD NasDem Kab. Pangkep untuk masa jabatan 2018-2023.

Maju dalam Pemilu Legislatif 2019 dalam gerbong NasDem, Yusran kembali terpilih menduduki satu kursi di lembaga legislatif daerah, untuk masa bakti 2019-2024. Bedanya, ia mendapat jabatan tambahan sebagai Ketua DPRD Pangkep. Posisi tersebut harus dilepas ketika Yusran memutuskan masuk ke Pilkada Pangkep 2020 sebagai salah satu kontestan.

Beberapa jabatan lain pun sedang disandang Yusran. Antara lain Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pangkep dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pangkep.

3. Menikah sejak 2018, dan telah dikaruniai dua putra

Profil M Yusran Lalogau, Menang Pilkada Pangkep di Usia 28Bupati terpilih Kabupaten Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, bersama sang istri yakni Nurlita Wulan Purnama. (Instagram.com/nurlitawulanpurnamamyl)

Yusran adalah suami dari Nurlita Wulan Purnama. Ia meminang Putri Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) 2013 tersebut pada Mei 2018. Dua tahun membina biduk rumah tangga, mereka telah dikaruniai sepasang putra yakni Muhammad Farzan Samuas dan Muhammad Rasyidin Pasanrang.

Keduanya pun acapkali mengunggah momen kebersamaan di akun Instagram masing-masing. Baik ketika sedang berlibur, saat berkeliling Pangkep untuk berkampanye selama dua bulan terakhir, serta bersama dua putra kesayangan mereka.

Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara yang dirilis oleh KPK pada 2019 lalu, total kekayaan MYL mencapai Rp6,7 miliar. Dengan rincian aset bangunan dan tanah senilai Rp3,1 miliar, kendaraan pribadi senilai Rp1 miliar, harta bergerak lain sebanyak Rp30 juta dan uang kas atau yang setara dengan nominal Rp2,5 miliar.

Baca Juga: Debat Calon Bupati-Wakil Bupati Pangkep, Ini Visi-Misi 4 Paslon

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya