Perluas QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang Kuliner

Berlangsung di Nipah Park dari 25 Maret hingga 19 April 2023

Makassar, IDN Times - QRIS, sebagai inovasi penyatuan berbagai macam QR dari Bank Indonesia (BI), kini menjadi salah satu metode pembayaran yang paling diminati. Selain mudah, juga lantaran hanya perlu satu QR Code untuk segala jenis aplikasi dan digital payment. Bertepatan dengan bulan Ramadan, pihak BI sendiri ingin memperluas penggunaan QRIS agar masyarakat ikut merasakan kemudahan transaksi makanan berbuka puasa.

Salah satu cara yang ditempuh dengan menggandeng pihak culinary market Tentang Kuliner yang mengadakan bazaar Ramadan. Bazaar edisi spesial tersebut berlangsung di area Rooftop Nipah Park, mulai hari Sabtu ini (25/3/2023) hingga 19 April mendatang, dan melibatkan sekitar 50 merchant.

Tak cuma berburu kuliner, para pengunjung juga bisa menikmati sejumlah aktivitas yang sudah disiapkan. Mulai dari kids playground untuk buah hati, talkshow tentang digitalisasi, creative workshop dengan beragam topik, fashion and handcraft bazaar, community activity, esport competition serta penampilan sejumlah grup musik Makassar.

1. Jadi cara Bank Indonesia untuk memperluas penggunaan QRIS

Perluas QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang KulinerRudi Bambang Wijanarko, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, saat membuka bazaar Ramadan Tentang Kuliner yang berlangsung di Rooftop Nipah Park. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Berbicara dalam sesi pembukaan, Rudi Bambang Wijanarko selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan, bahwa segala transaksi yang dilakukan dalam bazaar Ramadan ini hanya dilakukan melalui QRIS. Pihaknya juga sudah menyiapkan program lain untuk pengunjung.

"Jadi di sini memang di-set agar teman-teman semua dan para pengunjung hanya melakukan transaksi digital. Dalam hal ini adalah QRIS," ujarnya di hadapan para undangan dan awak media dalam acara pembukaan yang berlangsung pada Sabtu sore (25/3/2023).

"Selain itu, mulai hari Senin ini (27/3/2023) akan ada penukaran uang di sini. Penukaran uangnya bisa dilakukan oleh pengunjung bazaar Ramadan ini atau juga pengunjung Nipah Park," imbuhnya.

2. Seluruh transaksi di bazaar Ramadan Tentang Kuliner dilakukan melalui QRIS

Perluas QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang KulinerSuasana bazaar Ramadan Tentang Kuliner dan Bank Indonesia yang berlangsung di Rooftop Nipah Park. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar yakni Muhammad Roem mengapresiasi kegiatan UMKM yang juga melibatkan digitalisasi. Pengalaman pandemik COVID-19 membuat virtual restaurant atau ghost kitchen tumbuh dan sangat bergantung pada teknologi.

"Ini sejalan juga dengan dengan semangat Bank Indonesia untuk melakukan digitalisasi payment. Kita tahu beberapa program juga sudah menyasar ke situ. Mau tidak mau, UMKM kuliner di Kota Makassar ini harus go digital, bukan lagi sekadar naik kelas," ujar Muhammad Roem.

"Tentu saja agar ini bisa membawa dampak yang signifikan untuk pasar mereka. Memang masih ada keluh kesah terkait digitisasi. Tapi ini diharap membuat pelaku UMKM lantas patah semangat sehingga bisa perlahan-lahan go digital," sambungnya.

Baca Juga: Pekan Olahraga NIPAH, saat Para Atlet Bertanding di Dalam Mal

3. Panitia sudah menyiapkan cara jika jika pengunjung tak bisa melakukan digital payment

Perluas QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang KulinerSuasana bazaar Ramadan Tentang Kuliner dan Bank Indonesia yang berlangsung di Rooftop Nipah Park. (IDN Times/Achmad Hidayat Alsair)

Lebih jauh, Wahyu Al Mardhani selaku Creative and Brand Strategist Tentang Kuliner mengatakan bahwa pihaknya sudah cara untuk memudahkan proses digital payment dalam situasi pengunjung tidak bisa melakukan transaksi dengan QRIS karena belum mengunduh aplikasi, kuota internet habis atau hanya memiliki uang tunai.

"Kami sudah menyiapkan panitia yang akan membantu pembayaran. Pengunjung memberi uang, lalu panitia akan melakukan transaksi QRIS dengan nominal yang sesuai dengan jumlah dan harga pesanan pengunjung tersebut di merchant yang ia pilih," jelasnya.

Selain itu, grand prize dua unit motor Honda juga sudah disediakan oleh Bank Indonesia. Masing-masing untuk merchant yang paling aktif bertransaksi QRIS ditambah penilaian lainnya, serta untuk pengunjung dengan cara harus mengisi form khusus di tenant Bank Indonesia.

Baca Juga: Anak Muda Makassar, Yuk Berburu Outfit Keren di Nipah Streetwear Week

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya